5 Cara Mengatasi Supaya Android Tidak Mudah Lemot

By | Juni 22, 2016

Kehadiran ponsel android membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia. Pasalnya didalam ponsel android menyimpan berbagai teknologi canggih yang memudahkan penggunanya untuk melakukan aktifitas. Banyaknya aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis sangat membantu pengguna ponsel android dalam melakukan beragam hal. Namun, ponsel android ini kinerjanya bisa menurun sehingga menjadi lemot. Untuk itu sebagai pengguna android anda harus mengetahui tips supaya android tidak lemot sehingga aktifitas anda akan dimudahkan oleh aplikasi canggih didalam ponsel android tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, kini ponsel android semakin dibutuhkan oleh banyak kalangan. Tidak hanya memudahkan proses komunikasi saja, namun android juga memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai hal seputar teknologi. Bahkan, android juga bisa digunakan sebagai penunjang bisnis online. Peluang bisnis online yang sangat luas membuat banyak orang memutuskan untuk menggeluti bisnis ini. Selain itu, android juga akan membantu para pesbisnis. Adanya aplikasi google spreedshet memudahkan pebisnis dalam menulisn data khusus. Cukup menggunakan android saja tanpa harus membawa selembar kertas dan bolpoint.

Karena memiliki berbagai manfaar maka android harus dijaga keawetannya. Karena, ponsel android bisa saja menjadi lemot sehingga menjadi lambat saat dioperasikan. Kinerja yang berkurang, bisa disebabkan oleh berbagai hal mulai aplikasi yang bermasalah ataupun kapasitas RAM terlalu penuh. Sehingga anda harus bisa memastikan supaya kondisi ponsel android tetap normal dan tidak lemot. Simak berikut tips supaya android tidak lemot yang bisa anda lakukan dengan mudah :

Tips Mengatasi Android Supaya Tidak Cepat Lemot

  1. Gunakan aplikasi yang sesuai dengan RAM, jadi Anda tidak perlu mengadopsi aplikasi yang berkapasitas besar. Karena ketidaksesuaian ukuran aplikasi ini bisa membuat android menjadi RAM semakin terbebani dan kinerja android menjadi lambat. Dengan demikian pilihlah aplikasi yang sekiranya penting. Untuk game, sebaiknya adopsi 1 hingga 3 saja supaya ponsel Anda tetap sehat.
  2. Lengkapi android dengan aplikasi peningkat kecepatan misalnya DU Speed Booster, yang mampu melakukan penghapusan Cache secara otomatis. Ini akan memudahkan Anda untuk menormalkan kinerja ponsel android. Dengan cache yang bersih, maka performa Android lebih lancar dan mampu mengoperasikan berbagai aplikasi dalam waktu yang sama.
  3. Hapus cache pada aplikasi cahtting anda, karena kebiasaan ini akan memudahkan banyak cache menumpuk dalam jumlah banyak. Selain itu browsing yang terlalu sering juga membuat cache menjadi lebih banyak. Ponsel android yang memiliki cache banyak akan menjadi lebih lambat. Anda bisa melakukannya secara manual ataupun memanfaatkan aplikasi melalu google play store.
  4. Gunakan memori eksternal dengan kapasitas besar minimal 8GB, ini untuk mengurangi beban memori internal dalam sistem pengoperasiannya. Semakin besar memori internal, maka Anda akan lebih mudah dalam menyimpan berbagai file sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari foto, music, video hingga sederet aplikasi lainnya.
  5. Lindungi dengan aplikasi antivirus, supaya android tidak mudah terserang malware. Tidak hanya laptop ataupun computer saja yang bisa terkena virus. Ponsel android juga rawan terhadap serangan virus. Ketika terserang malware maka bisa saja android ini menjadi tidak sempurna. Oleh sebab itu lindungilah ponsel android Anda dengan antivirus.

Beberapa tips supaya android tidak lemot yang dijelaskan diatas dapat Anda lakukan untuk meminimalisir resiko penurunan kinerja android sejak awal penggunaan. Jadi, lambat atau tidaknya kinerja android sangat dipengaruhi oleh penggunanya. Intinya, jangan adopsi aplikasi dengan kapasitas besar dan lakukan penghapusan cache secara rutin untuk mencegah keterlambatan kinerja android.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *