Inilah tips wawancara kerja yang harus diketahui

By | Juni 15, 2016

Mencari pekerjaan disuatu perusahaan bukanlah hal yang mudah membutuhkan pernjuangan untuk mengawali karir didalam perusahaan tersebut. Namun, Anda  pasti merasa gugup bahkan konsentrasi semakin buyar ketika melakukan tes wawancara atau interview. Hal ini tidak bisa dihindari karena pimpinan harus mengetahui calon pekerja yang akan mengabdi didalam perusahaannya. Dengan melakukan tes wawancara pemimpin didalam perusahaan bisa membaca karakter dari calon pekerja tersebut. Mengingat mencari pekerjaan itu tidak mudah Anda harus berhti-hati dan siap dalam melakukan test wawancara saat melamar pekerjaan. Karena, pihak perusahaan akan memilih seseorang yang bisa diandalkan dan membawa nama baik perusahaan.

Wawancara kerja ini menjadi hal yang sangat penting untuk menentukan Anda bisa menjadi karyawan atau tidak didalam perusahaan tersebut. Untuk itu Anda perlu mengetahui tips jitu sebelum melakukan wawancara kerja supaya bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa tips wawancara kerja yang harus diketahui : interview-kerja

  1. Carilah informasi tentang perusahaan yang akan dilamar

Hal pertama adalah mencoba untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan yang akan Anda lamar. Semakin banyak Anda ketahui tentag perusahaan tersebut maka akan semakin baik pula ketika Anda mengetahui banyak informasinya. Jika tidak bisa mengetahui informasi dari pekerja didalam perusahaan Anda bisa mencarinya melalui internet.

2.  Carilah refrensi pertanyaan wawancara

Perkirakan jenis pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan oleh pewawancara. Ketahuilah, pertanyaan umum yang sering dintanyakan seperti mengapa ingin bekerja untuk perusahaan tersebut, apa tujuan karir Anda, serta apa tujuan rencana masa depan Anda. Ini akan menjadi pertanyaan utama ketika Anda menjalankan tes wawancara pada suatu perusahaan. Dalam hal ini Anda harus melatih pertanyaan-pertanyaan dan memberikan jawaban yang ringkas serta jelas dan hindari menjawab dengan bahasa bertele-tele. Karena hal ini akan membuat Anda terkesan gugup dan tidak berkonsentrasi dalam melakukan tes interview.

     3.   Berikan kesan yang baik

Tinggalkan kesan yang baik, kesan pertama interview kepada Anda bisa jadi menentukan dalam proses interview. Misalnya, jangan pernah mengkritik perusahaan yang Anda lamar. Selain itu jangan terpancing untuk membicarakan kekurangan serta kelemhan dari pihak lain. Hindari juga mengeluh atas kejadian yang Anda alami karena akan mengurangi integritas dari dalam diri Anda. Kenali serta pelajari pertanyaan yang mungkin akan keluar, sebagai usaha untuk mengurangi tingkat nervesat kamu dalam interview pekrjaan.

    4.    Gunakana bahasa tubuh yang baik selama melakukan interview

Tidak ada seorangpun yang bisa menebak perasaan atau pikiran Anda saat itu sebelum bahasa tubuh Anda mengungkapnya. Dengan mengetahui bahasa tubuh yang baik dan tepat Anda akan lebih mudah dalam merespon pertanyaan dari pewawancara.

    5.    Pilih pakaian yang tepat

Dalam melakukan test wawancara sebaiknya gunakan pakaian formal dan hondari penggnakan pakaian dengan warna mencolok. Jadi pilihlah warna netral dengan celana hitam serta atasannya menggunakan kemeja yang akan menampakkan kesan sopan dan formal.

    6.    Jangan pernah menanyakan jumlah gaji

Jangan sebutkan nominal gaji yang diinginkan. Biasanya, pewawancara akan memberikan pertanyaan ini sebagai pancingan.

Untuk itu terapkan beberapa tips jitu diatas supaya Anda bisa lancar dalam melakukan tes wawancara di perusahaan yang kamu inginkan. Hindari gugup dengan melakukan latihan pertanyaan dengan keluarga ataupun teman Anda. Jadi, siapkan mental Anda sebelum melakukan interview.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *