Wisata Keren Di Kuil Sam Poo Kong

By | Juni 27, 2016

Kuil atau biasa di sebut Klentheng bersejarah ini berada di ibukota Jawa Tengah, yaitu Semarang. Kuil Sam poo kong ini bisa di sebut sebagai cagar budaya yang cukup tua. Namun jangan salah, untuk isi di dalamnya masih sangat terawat. Ini juga bukan sekedar kuil. Karena ada banyak patung-patung yang konon di anggap sebagai para dewa bagi orang China. Kuil Sam poo kong ini juga terkenal sampai ke mancanegara. Bahkan, kabarnya pemerintah China memberikan saran untuk ke kuil Sam poo kong sebagai wisata budaya sekaligus ziarah. Sam poo kong Wisata Keren di Kuil Sam Poo Kong

Asal muasal kuil Sam poo Kong ini adalah markas pertama Laksamana Cheng Hoo beserta anak buahnya. Beliau diutus menjadi duta kaisar ke Nusantara tepatnya ke pulau Jawa, dan mendarat di pantai Semarang pada tahun 1401. Sam poo kong ini juga berfungsi sebagai tempat sembahyang. Karena bagi orang yang mempercayainya, pada saat memasuki bangunan inti dari klentheng ini yang berbentuk gua batu dan ada patung yang di percaya  sebagai Sam Poo Tay Djien, mereka bisa melihat keberuntungan dengan melakukan sembahyang. Yaitu dengan cara membakar hio atau dupa lalu melemparkan kepingan di depan altar yang di sembah yang di tandai dengan “im” dan “yang”. Apabila berhasil membuka satu kepingan, maka di percaya akan membawa keberuntungan. Selain itu, ada juga yang mempercayai sekumpulan bambu yang berisi nomor 1 hingga 28 yang di lempar secara acak. Kemudian di berikan kepada juru kunci dan juru kunci akan memberitahukan ramalan yang ada pada nomor tersebut.

Keluar dari bangunan inti klentheng atau kuil Sam poo kong ini, Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana layaknya di negara China. Kombinasi warna merah dan kuning, serta bangunan khas China menyambut Anda. Disediakan juga tempat untuk bersantai di bawah pohon kursi dan meja batu dengan ukir-ukiran khas China. Yang paling menonjol dari Sam poo kong ini adalah patung besar setinggi gedung inti. Yakni patung Laksamana Cheng Hoo. Konon, beliau merupakan umat muslim dari persia namun di utus oleh kerajaan China. Sehingga tidak sedikit juga pengunjung yang merupakan umat muslim. Anda bisa masuk ke kuil ini hanya dengan membayar biaya retribusi Rp 3000,- per orangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *