5 Tips Ibu Hamil Supaya Tetap Sehat

By | Juni 14, 2016

Tips menjaga kesehatan ibu hamil, harus diketahui oleh setiap wanita yang sedang berbadan dua. Usia kehamilan merupakan usia yang paling rentan untuk seseorang beraktifitas secara padat. Pada usia ini seseorang memang tergolong tanggung untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Pasalnya jika seseorang tidak beraktifitas maka tubuh akan mengalami kelemahan permanen dan kemalasan, namun jika terus beraktifitas hal tersebut juga tidak begitu baik untuk kesehatan, pasalnya tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Kondisi ibu hamil peru diperhatikan secara lebih. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan kerja berat selama masa kehamilan.

Kesehatan pada ibu hamil adalah hal yang paling utama, dimana jika tubuh seorang ibu sehat maka janin yang berada di dalam kandunganya juga pasti ikut sehat. Untuk itu ketahuilah berikut tips untuk  menjaga kesehatan ibu hamil yang bisa dilakukan dengan mudah :

cara-menjaga-ibu-hamil-dan-janin-tetap-sehat

  • Jangan terlalu banyak pikiran (Stres), dimana dalam usia kehamilan banyak sekali orang yang mengalami stres. Terutama mereka yang telah memasuki masa kehamilan trimester ke 3. Pada usia ini banyak wanita sering kali merasa ketakutan untuk mempersiapkan diri menjalani proses persalinan sehingga tidak jarang mereka mengalami stres karena terlalu banyak ketegangan. Oleh sebabitu ada baiknya anda para ibu hamil, mengatur emosi serta fikiran agar lebih positif dan tenang.
  • Olah raga, dari pada anda bermalas-malasan di tempat tidur ada baiknya jika anda para ibu hamil melakukan oleh raga ringan khusus. Seperti yoga, senam hamil dan juga joging dipagi hari untuk melemaskan otot-otot yang tegang ketika tengah mengandung. Selain itu Yoga juga berfugsi untuk memperkuat otot pinggang ketika menghadapai persalinan kelak.
  • Kebersihan, merupakan utama yang harus diperhatikan oleh seorang calon ibu. Umumnya banyak para ibu hamil yang malas untuk membersihkan diri usai melakukan aktifitas karena merasa telah terbebani dengan perut yang kian hari-kian membuncit. Membersihkan diri dimulai dari hal terkecil seperti mencuci tangan secara rutin serta membersihkan kuku yang notabennya merupakan sarang dari kuman.
  • Konsumsi makanan sehat, tidak hanya menyehatkan tubuh sang ibu namun juga mampu menyehatkan janin didalam kandungan. Makanan sehat dengan kandungan protein dan omega-3 sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Selain itu, pada trimester ketiga ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mampu meningkatkan produktifitas ASI.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan ibu hamil yang dapat Anda lakukan supaya selama masa kehamilan bayi bisa tumbuh dengan baik dan sang ibu tetap sehat hingga proses persalinan. Jadi, jika ingin memiliki tubuh sehat dan bayi yang sehat terapkan gaya hidup sehat dan hindari konsumsi makanan berbahan pengawet.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *