10 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh

By | Mei 3, 2016

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah asli Indonesia. Secara umum, kayu manis sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan makanan ataupun minuman. Kayu manis ini memiliki aroma yang khas sehingga membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai rempah tambahan dalam mengolahan masakan.

Selain bermanfaat untuk membuat masakan, kayu manis juga bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Ketahuilah, kandungan senyawa alami didalam kayu manis ini mampu memberikan efek positif pada kesehatan tubuh. Kayu manis terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit secara aman dan tanpa efek samping.

kayu manis serbuk

Selain bermanfaat bagi dunia kesehatan dan kuliner, kayu manis juga dijadikan campuran dalam pembuatan kosmetik. Bubuk kayu manis, dipercaya mampu membuat kulit lebih sehat dan kencang. Untuk mendapatkan kayu manis ini, juga tidak sulit pasalnya dipasar tradisional banyak yang menjual kayu manis.

Dalam kondisi mentah atau belum direbus, kayu manis ini sudah memiliki aroma yang khas. Jadi, setiap masakan ataupun minuman yang diolah dengan tambahan kayu manis akan memiliki rasa yang khas dan nikmat. Kali ini, kami akan menjelaskan lebih detail tentang manfaat dari kayu manis. Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

kayu manis

Manfaat Kayu Manis

Menurunkan kadar gula darah,

Bagi penderita diabetes bisa memanfaatkan kayu manis sebagai alternatif paling aman dalam menyetabilkan kadar gula didalam darah. Untuk menurunkan kadar gula ini, seseorang bisa memanfaatkan bubuk kayu manis. Campurkan bubuk kayu manis kedalam oatmeal saat sarapan pagi.

Menurunkan kadar kolesterol,

Bagi penderita kolesterol ternyata bisa memanfaatkan kayu manis untuk mencegah terjadinya penyakit kronis. Kandungan bahan alami didalam kayu manis mampu menghancurkan penumpukan kadar kolesterol didalam darah.

Sebagai anti infeksi,

Sebuah penelitian menemukan bahwa kayu manis ini mengandung senyawa anti infeksi yang mampu menyembuhkan borok. Selain itu, anti infeksi ini juga mampu mencegah berkembangnya patogen maupun bakteri pada luka.

Mengurangi rasa sakit terkait masalah arthritis,

Survey membuktikan bahwa kandungan senyawa alami didalam kayu manis ini mampu mengurangi rasa nyeri akibat penyakit rhematik ataupun asam urat.

Mencegah penyakit kanker,

kayu manis ternyata mampu mencegah penyakit kanker secara efektif. Dengan menambahkan bubuk kayu manis kedalam teh Anda bisa mencegah berkembangnya sel kanker didalam tubuh.

Menyehatkan pencernaan,

kayu manis ternyata juga mengandung serat tinggi sehingga baik bagi kesehatan pencernaan.

Mampu meningkatkan hormon progesteron,

Didalam kayu manis ini mengandung senyawa cinnamaldehyde yang mampu membantu meningkatkan hormon progesteron serta mampu menurunkan hormon testoteron pada wanita. Dengan demikian kayu manis mampu menjaga kesuburan seseorang.

Mengurangi peradangan,

Selain mampu menyuburkan kandungan kayu manis juga mampu mengurangi peradangan kronis.

Mencegah penyakit jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol dengan baik maka kayu manis bisa mencegah serangan penyakit jantung.

Melancarkan peredaran darah,

Ketika peredaran daraj kurang lancar maka seseorang disarankan untuk mengkonsumsi bubuk kayu manis.

Itulah sederet manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh. Berbagai senyawa alami yang bermanfaat bagi tubuh inilah membuat kayu manis semakin dicari masyarakat. Jika tidak bisa mengolahnya menjadi bubuk, kita bisa mengkonsumsi rebusan kayu manis tanpa menambahkan bahan apapun. Dengan mengkonsumsi rebusan kayu manis Anda akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit dan masalah kolesterol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *