Tips Diet Sehat

Ingin Menurunkan Berat Badan? Inilah 6 Tips Diet Sehat

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan badan yang sehat, hiduppun terasa lebih menyenangkan. Disadari atau tidak, kesehatan memang awal dari banyak hal. Coba saja bayangkan jika Anda sedang sakit. Melakukan hal yang menyenangkanpun tidak terasa menyenangkan lagi. Tidak ada keceriaan, produktivitas juga menurun tajam. Di saat seperti ini, memang tidak ada jalan lain selain pergi berobat. Namun sebelum penyakit datang menggerogoti tubuh, sebenarnya manusia diberi pilihan. Ingin hidup sehat lebih lama atau tidak. Jika ingin hidup sehat lebih lama, menerapkan tips hidup sehat adalah satu-satunya jalan. Dengan menerapkan diet sehat, berat badan juga lebih ideal. Untuk itu berikut ini beberapa tips sehat yang bisa dilakukan untuk memperoleh berat badan ideal.

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan umumnya kerap disepelekan oleh sebagian besar orang. Padahal dari sarapanlah manusia memperoleh nutrisi terbaik. Melewatkan sarapan juga dapat memicu Anda untuk makan lebih banyak, bahkan ngemil sembarangan. Idealnya, porsi makan sarapan memang yang paling banyak diantara waktu makan lain. Namun akan lebih baik jika waktu ini Anda optimalkan untuk mengkonsumsi makanan yang beragam dan kaya nutrisi.

Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Meski Anda sedang diet mengurangi berat badan, Anda tetap saja membutuhkan nutrisi-nutrisi penting termasuk lemak dan karbohidrat. Akan tetapi coba untuk lebih selektif baik dalam memilih jenis lemak maupun karbohidrat.

Lemak terbaik adalah lemak tak jenuh dan karbohidrat terbaik adalah karbohidrat kompleks. Namun jangan salah, ada kalanya tubuh membutuhkan lemak jenuh dan karbohidrat simple. Karena itu cobalah untuk memperkaya konsumsi makanan Anda. Dan tentu saja, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan akan protein, mineral dan vitamin yang bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung serat yang tinggi. Dengan mengkonsumsi sayur dan buah, kebutuhan nutrisi juga akan terpenuhi. Serat pada makanan ini juga sangat baik untuk mengurangi resiko terserang penyakit jantung koroner. Karena itu, sebaiknya konsumsi buah dan sayur minimal 5 porsi setiap harinya. Anda bisa membuat beberapa variasi agar tidak cepat bosan.

Banyak Minum Air Putih

Jika ingin hidup sehat, minumlah air yang cukup. Jumlah air yang diminum setiap orang memang berbeda sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Namun secara umum tubuh manusia membutuhkan 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya. Kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan, khususnya dehidrasi. Selain itu, air putih juga baik untuk memperlancar metabolisme tubuh dan membantu Anda merasa lebih kenyang. Setidaknya hal tersebut akan membantu Anda untuk mengurangi rasa ingin ngemil.

Jangan Hindari Makan Malam

Orang yang sedang diet menurunkan berat badan umumnya menghindari makan malam. Umumnya mereka takut badan mereka akan semakin gemuk jika makan malam. Padahal tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi saat sedang tidur. Paradigma ini memang kerap dijumpai. Dan dalam beberapa hal, paradigma ini tidak sepenuhnya salah. Akan tetapi semua itu hanya mungkin terjadi jika Anda makan terlalu malam atau makan terlalu banyak.

Sebenarnya Anda bisa tetap makan malam tanpa khawatir kegemukan. Caranya adalah dengan makan malam tepat waktunya. Setidaknya usahakan untuk makan malam sebelum jam 7 malam. Porsi makanannya juga perlu dikontrol. Jika dibandingkan dengan porsi sarapan dan makan siang, porsi makan malamlah yang paling sedikit. Coba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dalam menu makan malam Anda. Sebagai gantinya, cobalah untuk menambah sayur dan buah.

Olahraga secara Rutin

Tubuh memang membutuhkan asupan makanan yang cukup. Namun di sisi lain tubuh juga perlu beraktivitas. Aktivitas inilah yang membantu Anda membakar kalori dan lemak. Idealnya, olahraga harus dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Durasi olahraganya pun sebaiknya antara 60 hingga 90 menit dan usahakan untuk melakukannya pada pagi hari. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mendapatkan sinar matahari. Udara pagi juga masih segar dan minim polusi. Namun jika Anda tidak bisa olahraga pagi, Anda bisa menggantinya dengan berolahraga di sore hari.

Jogging adalah olahraga populer saat ini. Selain itu, jogging juga tidak sulit dilakukan. Anda tidak membutuhkan peralatan khusus untuk melakukannya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *