Obat Asam Lambung Tradisional

Kunyit Sebagai Obat Tradisional Asam Lambung

Penyakit asam lambung adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang banyak menyerang masyarakat perkotaaimages 4 150x150 Obat asam lambung tradisionaln. Hal ini diakibatkan pola makan yang kurang sehat, terlambat makan, stres, dan terlalu lelah bekerja. Gejala penyakit ini adalah rasa kembung, mual, dan begah yang tak berkesudahan. Tentu saja gangguan kesehatan ini akan menghambat aktivitas harian kita. Tentu saja kita bisa menghilangkan rasa tidak enak tersebut dalam waktu singkat dengan Obat asam lambung  yang dijual bebas dan berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Tetapi solusi ini hanya bersifat sementara dan gejala bisa kambuh lagi sewaktu-waktu.Sebagai alternatif penyembuhan lain Anda bisa mencoba obat asam lambung tradisional dengan  bahan kunyit.

 

Obat asam lambung tradisional dari kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah atau bumbu masak yang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Ternyata, selain dapat menambah citarasa dan sebagai pewarna alami masakan, kunyit juga mempunyai khasiat herbal yaitu untuk mengatasi masalah pencernakan, termasuk asam lambung dan maag. Riset ilmiah membuktikan bahwa kunyit mampu mempercepat penyembuhan radang atau luka. Pemberian sari kunyit juga terbukti  mampu menurunkan sekresi asam lambung serta menambah produksi mukus pada mukosa lambung.

 

Khasiat kunyit sebagai obat asam lambung tradisional , antara lain adalah dapat menetralkan asam lambung, mengurangi gejala-gejala penyakit asam lambung akibat iritasi pada selaput lendir, menyembuhkan kejang pada otot dinding lambung, mengurangi produksi asam lambung berlebih, serta menyembuhkan infeksi pada selaput lendir lambung. Selain memperoleh sari kunyit atau kunyit yang telah diolah menjadi bentuk bubuk, Anda juga dapat membuat sendiri ramuan untuk mengobati masalah pencernakan ini dengan kunyit segar. Demikian adalah resepnya:

Resep1

Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah 2 atau 3 ruas kunyit yang telah dicuci sampai bersih dan dikupas kulitnya. Parut kunyit lalu peras untuk memperoleh sarinya. Sari kunyit inilah yang dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit asam lambung. Anda bisa mencampurnya dengan air hangat dan meminumnya secara rutin 2 kali sehari.

 

Resep 2

Untuk membuat resep obat asam lambung tradisional berikutnya, siapkanlah 5  ruas kunyit dan cuci sampai bersih. Iris ruas-ruas kunyit tersebut tipis-tipis dan rebus dalam air mendidih. Tambahkan sedikit kayu manis dan konsumsi ramuan saat sudah dingin. Ramuan ini efektif untuk mengurangi rasa sakit saat penyakit maag menyerang.

 

Resep 3

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk mengolah resep yang ketiga adalah kunyit secukupnya yang telah dicuci dan dikupas sampai bersih dan kuning telur ayam kampung. Parut kunyit lalu campur dengan air dan direbus sampai mendidih. Setelah mendidih saring ramuan tersebut dan campurkan kuning telur ayam kampung dan sedikit gula. Aduk ramuan hingga merata dan minumlah untuk meringankan penyakit asam lambung.

download 1 Obat asam lambung tradisional

Agar terhindar dari penyakit asam lambung sebaiknya jaga kesehatan pencernakan dengan makan pada jadwal yang teratur dan dengan menu yang seimbang. Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi sehingga secara keseluruhan tubuh akan tetap sehat. Perhatikan pula kebersihan dan pengolahan makanan untuk menjamin agar makanan yang masuk ke lambung kita cukup higienis dan diolah dengan benar. Hindari sama sekali kebiasaan buruk merokok atau mengonsumsi alkohol dan minuman bersoda yang dapat memicu penyakit pencernakan ini.

 

Bagi penderita asam lambung sebaiknya jangan makan sekaligus dalam satu waktu tetapi makanlah sedikit-sedikit tetapi lebih sering untuk meringankan kerja pencernakan. Hindarilah minuman bersoda atau bercafein karena dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga lambung akan terasa perih. Nah, semoga informasi tentang obat asam lambung tradisional ini  dapat menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *