Obat Sakit Gigi Traditional

images Obat sakit gigi traditionalMembuat Sendiri Ramuan Obat Sakit Gigi

 

Pada saat mengalami sakit gigi pada umumnya orang akan langsung mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau pain killer yang bertujuan untuk menghilangkan nyeri dalam waktu singkat. Hal ini sesungguhnya tak menjadi masalah asal tak sering dilakukan atau dalam jangka waktu yang panjang. Selain berpotensi membuat Anda menjadi kebal sehingga memerlukan tambahan dosis, cara yang paling efektif sesungguhnya adalah segera mengunjungi dokter gigi untuk menuntaskan masalah utamanya. Daripada mengonsumsi pain killer, Anda bisa mencoba ramuan alami obat sakit gigi yang dapat Anda buat sendiri berikut ini.

 

Ramuan alami untuk obat sakit gigi

  • Bawang

Selain dikenal sebagai obat untuk mengatasi penyakit-penyakit yang berbahaya, bawang putih juga cukup efektif untuk melawan sakit gigi. Caranya, siapkan satu siung bawang putih dan campur dengan sedikit garam. Tempelkan ramuan ini pada gigi yang berlubang bila sumber rasa sakit adalah karena lubang ini dan diamkan hingga rasa sakit mereda. Bila rasa sakit pada gigi diakibatkan gigi yang terlalu sensitif, kunyahlah 1 siung bawang putih selama beberapa menit lalu kumur dengan air hangat. Rasa ngilu pada gigi akan hilang setelah beberapa menit.

  • Merica

Selain bawang putih, merica juga dapat dijadikan ramuan herbal untuk mengusir sakit gigi. Caranya, siapkan merica dan garam dengan perbandingan 1:1. Tumbuk merica hingga halus lalu campur dengan garam dan tambahkan sedikit air hingga ramuan mengental. Gunakan ramuan tersebut untuk ditempelkan pada gigi yang berlubang atau gigi yang ngilu karena sensitif. Diamkan selama beberapa saat hingga rasa sakit lenyap.

  • Biji alpukat

Bila musim alpukat tengah berlangsung, Anda bisa memanfaatkan bijinya sebagai obat sakit gigi alami. Caranya, cuci sebuah biji alpukat sampai bersih dan jemur hingga kering sempurna. Sangrai biji alpukat kemudian haluskan dengan ditumbuk atau menggunakan blender bumbu. Simpan bubuk dalam toples kering yang bersih dan gunakan untuk diaplikasikan langsung pada gigi tiap kali merasakan  sakit gigi.

  • Garamimages 1 Obat sakit gigi traditional

Sebagai pertolongan pertama saat terserang nyeri gigi, Anda bisa membuat ramuan dari 250 ml air hangat dan satu sendok garam dapur. Aduk hingga garam larut lalu gunakan untuk berkumur hingga rasa nyeri pada gigi berkurang. Bila tersedia Anda bisa menambahkan sedikit perasan air jeruk agar khasiat ramuan lebih efektif.

 

Selain menggunakan berbagai ramuan obat sakit gigi sebagaimana yang telah diulas di atas, sebaiknya lakukan pula tindakan antisipasi agar sakit gigi Anda tidak mudah kambuh. Cara terbaik untuk menghindari hal itu adalah dengan pantang beberapa makanan tertentu seperti makanan yang terlalu dingin, terlalu panas, manis, bersoda atau bersantan. Jagalah kebersihan gigi dengan menggosok gigi minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan malam hari menjelang tidur. Bagi Anda yang mempunyai keluhan gigi sensitif sebaiknya gunakan pasta gigi khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Banyaklah mengonsumsi buah-buahan yang tidak hanya menyehatkan bagi tubuh karena merupakan sumber vitamin dan mineral tetapi juga berfungsi ganda sebagai  pembersih dan penyegar mulut dan gigi. Pada kondisi gigi yang selalu bersih maka sakit gigi akan dapat diminimalkan. Bonusnya, nafas Anda pun akan menjadi lebih segar dan Anda pun akan lebih percaya diri. Terakhir, bila semua upaya di atas tidak berhasil mengatasi masalah gigi Anda, berarti sudah waktunya untuk mengunjungi dokter gigi yang akan merawat gigi Anda dengan metode medis yang diperlukan. Nah, semoga ulasan tentang obat sakit gigi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *