Obat Radang Tenggorokan

Atasi Gejala Sakit dengan Obat Radang Tenggorokan Tradisional

Penyebab dan Gejala Radang Tenggorokan

Obat radang tenggorokan sebaiknya diberikan sebelum penyakit mengganggu aktivitas harian. Adapun radang tenggorokan merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan di area pita suara. Pemicu paling umum dari sakit radang tenggorokan yaitu adanya beban atau kerja berlebihan yang diberikan pada pita suara. Kondisi ini biasa terjadi pada seseorang yang kerap berteriak, bernyanyi tanpa jeda istirahat, bicara satu hari penuh, atau terlalu banyak makan makanan terlalu pedas atau terlalu manis.

Akan tetapi, penting diketahui bahwa penyebab utama sakit radang tenggorokan yaitu karena infeksi bakteri streptococcus. Bakteri ini dapat menular melalui udara. Misalnya saat seorang penderita sedang bersin atau batuk. Oleh karena itu, lebih baik berhati-hati bila ada teman atau saudara yang sedang sakit tenggorokan. Bakteri streptococcus juga dapat menyerang melalui makanan, minuman, dan benda lain yang sudah terinfeksi. Sementara sakit batuk, flu, pilek, cacar air, campak, udara kering, alergi, polusi udara, dan sesak napas menjadi penyebab lain radang tenggorokan.

Sakit radang tenggorokan memiliki gejala khas seperti suara yang menjadi lemah dan serak. Tidak jarang penderitanya juga tidak bisa berbicara sama sekali. Parahnya sakit ini kerap dibarengi dengan batuk kering dan sakit di bagian tenggorokan. Wajar bila penderita radang tenggorokan membutuhkan segera obat radang tenggorokan. Adapun selain gejala yang khas, gangguan kesehatan ini juga biasa disertai dengan gejala lain seperti:

  • Teradinya pembengkakan amandel yang terlihat memerah.
  • Muncul bintik merah ukuran kecil di belakang atap mulut, jumlahnya kadang lebih dari satu.
  • Susah menelan makanan.
  • Sakit kepala disertai rasa lelah dan demam.
  • Pembengkakan pada kelenjar getang bening di bagian leher.

Bila sejumlah gejala di atas mulai terlihat, bisa jadi Anda sedang terserang radang tenggorokan. Setelah melakukan check up kesehatan dan positif menderita radang tenggorokan, maka dianjurkan segera melakukan pengobatan dengan obat radang tenggorokan yang cocok misal obat tradisional. Kira-kira obat tradisional apa yang cocok mengobati sakit tenggorokan?

Obat Radang Tenggorokan Tradisional

Radang tenggorokan sejatinya dapat diobati dengan obat tradisional. Berikut beberapa diantaranya:

  • Minuman Teh Hangat

Teh hangat dapat menjadi obat sakit radang tenggorokan yang efektif. Untuk hasil yang lebih optimal Anda dapat menggunakan teh 5. Atasi Gejala Sakit dengan Obat Radang Tenggorokan Tradisional. b 300x200 Obat radang tenggorokanchamomile. Teh chamomile memiliki khasiat meredakan rasa sakit yang muncul akibat peradangan. Agar rasanya makin nikmat bisa juga ditambahkan dengan madu murni secukupnya.

  • Larutan Madu dan Lemon

Madu dan lemon yang dilarutkan dalam air hangat dapat pula meredakan sakit radang tenggorokan. Mengapa madu dan lemon? Sudah bukan rahasia lagi bila madu memiliki banyak khasiat kesehatan. Sementara lemon berkhasiat mengencerkan lendir. Bila Anda termasuk pengemar jahe bisa juga menambah jahe yang memiliki efek menenangkan. Untuk membuat obat tradisional ini Anda hanya perlu mencampurkan 1 sendok madu dan 1 sendok lemon dalam satu gelas air hangat. Minum selagi hangat.

  • Minuman Teh Jahe

Rempah jahe diketahui mempunyai sifat ekspektoran yang berkhasiat membantu mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan. Jahe juga memberi efek menenangkan. Lebih dari itu, jahe akan meningkatkan kadar oksigen sel, mempercepat proses penyembuhan, dan membersihkan racun. Untuk mendapat khasiat dari obat radang tenggorokan tradisional ini cukup rebus potongan jahe yang sudah dimemarkan selama 3 menit saja. Campurkan jahe yang sudah direbus dalam teh dan bisa langsung dinikmati.5. Atasi Gejala Sakit dengan Obat Radang Tenggorokan Tradisional. a 300x200 Obat radang tenggorokan

  • Bawang Putih

Obat tradisional yang satu ini tidak kalah sederhana, yakni dengan memakan bawang putih. Bawang putih mentah mungkin akan terasa aneh di mulut. Akan tetapi obat herbal ini efektif meredakan sakit radang tenggorokan. Pasalnya dalam bawang putih terdapat kandungan allicin. Allicin merupakan senyawa yang memiliki kemampuan membunuh bakteri pemicu radang tenggorokan. Anda bisa mengiris bawang putih atau langsung mengigitnya secara langsung.

Sakit tenggorokan mungkin benar bukan penyakit serius. Hanya saja bila tidak mendapat pengobatan cepat dan benar, bisa cukup mengganggu aktivitas harian penderita. Apalagi bila aktivitas harian menutut untuk aktif atau banyak bicara. Oleh karena itu, disaat gejala sakit mulai ketara lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan obat radang tenggorokan tepat.

 

 

2 thoughts on “Obat Radang Tenggorokan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *