Obat Gusi Bengkak Alami

Obat Gusi Bengkak Yang Alami

Tahukah Anda bahwa kesehatan gusi sangat berpengaruh pada kesehatan Anda secara keseluruhan? Bakteri yang masuk melalui mulut jika menginfeksi gusi maka bisa menyebabkan gusi bengkak, selain itu bakteri tersebut juga bisa menginfeksi bagian lain di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu menjaga kebersihan mulut, gigi dan gusi adalah hal yang sangat penting. Gusi bengkak dalam bahasa kedokteran sering disebut dengan gingivitis yang merupakan keadaan dimana gusi Anda mengalami peradangan dan infeksi sehingga akhirnya terlihat membengkak. Bakteri yang menginfeksi itu tidak hanya membuat gusi menjadi bengkak tapi juga bisa membentuk karang gigi di dalam mulut Anda.

Gusi yang bengkak nantinya akan diikuti dengan adanya pendarahan saat gusi Anda terkena sikat gigi saat Anda sedang menggosok gigi, nyeri, bau mulut dan bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah. Jika Anda tidak memperhatikan kebersihan gigi dan gusi maka bisa jadi gusi yang bengkak ini akan terjadi pada Anda. Kelebihan mengkonsumsi makanan manis, pemasangan kawat gigi yang terlalu ketat, infeksi gusi dan gigi merupakan beberapa hal yang bisa membuat gusi Anda menjadi bengkak. Jika gusi bengkak, maka pastinya Anda akan merasa tidak nyaman, maka dari itu untuk mengobatinya Anda harusnya mengkonsumsi obat gusi bengkak yang terbuat dari bahan alami.8. obat gusi bengkak 2 300x195 Obat gusi bengkak alami

Air Garam                                                                             

Untuk mengobati gusi Anda yang bengkak, maka Anda bisa memanfaatkan air garam sebagai obat gusi bengkak yang sangat alami. Larutkan garam secukupnya ke dalam satu gelas air sampai rasa airnya terasa asin. Kemudian gunakan air garam itu kumur-kumur, sehingga anti septik yang terdapat dalam kandungan garam itu bisa membasmi kuman dan bakteri penyebab gusi bengkak. Jika Anda rutin menggunakan air garam ini 3 kali sehari maka gusi Anda lambat laun akan sembuh dan tidak bengkak lagi. Setelah Anda berkumur dengan menggunakan air garam tersebut Anda jangan lupa membersihkan mulut Anda dengan berkumur dengan air putih biasa. Karena garam selalu ada dalam persediaan bahan di dapur Anda, maka membuat air garam sama sekali tidak akan merepotkan.

Daun Sirih

Daun sirih juga merupakan obat gusi bengkak yang sangat manjur. Untuk membuat ramuan dari daun sirih ini Anda memerlukan daun sirih sebanyak 10  lembar, rimpang kunyit dan juga garam sesuai kebutuhan. Ketiga bahan tersebut direbus dalam air yang bersih sebanyak 500 cc hingga mendidih. Nantinya air rebusan itu bisa Anda minum atau Anda jadikan sebagai obat kumur. Daun sirih juga memiliki khasiat anti bakteri sehingga bisa membersihkan bakteri penyebab gusi bengkak yang Anda alami dari dalam mulut Anda. Sehingga lama kelamaan, bengkak pada gusi Anda akan berkurang dan Anda akhirnya sembuh total.

Minyak Cengkeh Dan Lada Hitam

Kedua padanan bahan ini merupakan obat gusi bengkak yang sudah terbukti sangat ampuh mampu mengatasi gusi yang bengkak. Cara memanfaatkan kedua bahan ini pun tidak begitu merepotkan, Anda tinggal mencampur kedua bahan ini saja dan kemudian Anda oleskan ke bagian gusi Anda yang terasa bengkak. Kedua bahan ini akan memberikan efek hangat pada gusi yang bengkak sehingga kemudian gusi Anda akan mulai kembali seperti semula. Pada saat Anda mengoleskan campuran bahan ini ke gusi Anda, maka Ada harus memastikan bahwa tangan Anda sudah bersih, karena ada bakteri pada tangan Anda bisa kembali membuat gusi Anda terinfeksi. Oleh karena itu cucilah tangan sebelum mengoleskan ramuan ini di gusi Anda yang bengkak.8. obat gusi bengkak 1 300x169 Obat gusi bengkak alami

Baking Soda

Baking soda yang biasanya digunakan untuk membuat kue ternyata bisa Anda manfaatkan sebagai obat gusi bengkak. Cara menggunakannya adalah campurkan baking soda secukupnya dengan air matang kemudian gunakanlah campuran itu untuk berkumur-kumur. Baking soda akan membuat nyeri yang Anda rasakan akibat gusi yang bengkak menjadi berkurang, selain itu penyebaran bakteri bisa terhenti saat Anda berkumur dengan air baking soda tersebut. Setelah itu saat Anda sedang menderita gusi yang bengkak maka jangan malas menggosok gigi namun dengan perlahan-lahan, karena menggosok gigi dengan keras bisa melukai gusi yang bengkak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *