Obat Batuk Tradisional Herbal

Obat Batuk Tradisional Herbal Berkhasiat

 Salah satu penyakit yang dirasakan sangat mengganggu aktivitas kita adalah penyakit batuk baik itu batuk kering atau pun berdahak. Pada beberapa orang penyakit ini kadang tak kunjung sembuh bahkan sampai berbulan-bulan. Hal ini tentu menjadi siksaan terutama bagi orang-orang yang mengandalkan suara sebagai mata pencaharian atau mengharuskan untuk bertemu dengan banyak orang seperti penyiar, penyanyi, konsultan, guru, dan sebagainya. Bila Anda sudah bosan mengonsumsi beragam jenis obat batuk yang dijual bebas sebagaimana yang sering diiklankan di televisi, mungkin obat batuk tradisional buatan sendiri dapat menjadi alternatif solusi.

Ramuan obat batuk tradisional buatan sendiribatuk Obat batuk tradisional herbal

Berikut ini adalah beberapa resep ramuan obat batuk tradisional dari bahan herbal yang dapat Anda buat sendiri. Bahan-bahan yang digunakan pun termasuk mudah diperoleh dan sering kita temui di dapur kita. Berikut ini adalah cara mengolahnya.

  1. Jamu jeruk nipis dan jahe

Untuk membuat ramuan jamu penyakit batuk ini siapkan sebuah jeruk nipis segar, rimpang jahe secukupnya, dan air hangat. Peras jeruk nipis untuk mendapatkan sarinya dan campurkan dengan segelas air hangat. Tambahkan potongan jahe dan aduk hingga merata. Konsumsi ramuan ini untuk meringankan batuk yang membandel satu kali sehari.

  1. Jamu jeruk nipis, madu, dan kecap

Jamu untuk penyakit batuk yang satu ini sudah sejak lama digunakan oleh orang tua-orang tua kita dahulu untuk meringankan penyakit batuk. Caranya, cuci bersih buah jeruk nipis, belah menjadi 2 dan peras airnya. Campur sari jeruk nipis dengan kecap dan madu secukupnya lalu minumkan pada penderita batuk 2 atau 3 kali sehari hingga batuk sembuh.

  1. Jamu jahe dan kencur

Jahe berkhasiat untuk meringankan batuk dan memberikan rasa hangat pada tubuh dan kencur mempunyai kandungan senyawa yang mampu membasmi bakteri pemicu batuk. Untuk membuat ramuan jamu tersebut, Anda tinggal memarut jahe dan kencur secukupnya kemudian memeras airnya dan menyeduhnya dengan air panas. Diamkan hingga ramuan menjadi hangat dan jamu siap diminum.

 

Agar  obat batuk tradisional tersebut lebih efektif dalam mengatasi masalah batuk yang membandel, sebaiknya penderita menjauhi tempat yang berdebu karena sistem pernapasan Anda sedang sensitif. Berada di daerah berdebu akan memperparah penyakit Anda. Jaga agar tubuh tetap hangat dengan mengenakan jaket dan kaos kaki terutama bila suhu lingkungan sedimages 3 Obat batuk tradisional herbalang dingin. Untuk membersihkan badan sebaiknya gunakan air hangat agar kondisi tubuh tetap terjaga. Bagi perokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut saat batuk menyerang termasuk menjauhi lingkungan atau tempat yang banyak asap rokok.

 

Berilah kesempatan kepada diri sendiri untuk memulihkan kekebalan dan menyembuhkan penyakit secara alami. Caranya, hentikan segala kesibukan Anda dan beristiratlah. Banyak tidur akan membantu tubuh bekerja lebih efektif untuk melawan virus atau bakteri pemicu penyakit. Jangan terlalu lelah agar kondisi tubuh tidak menurun karena pada saat kekebalan tubuh lemah tubuh kita akan mudah terserang penyakit.

 

Terakhir, terapkan pola makan yang sehat agar nutrisi tubuh terpenuhi dengan maksimal. Hal ini akan memperkuat kekebalan tubuh dan menjadi tameng bagi penyakit yang hendak menyerang. Hindari makanan yang merangsang batuk seperti makanan yang banyak mengandung garam atau msg, makanan pedas, juga manis. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dengan banyak mengonsumsi air putih atau air putih hangat untuk melegakan tenggorokan dalam jumlah yang direkomendasikan. Nah, selamat mencoba resep obat batuk tradisional ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *