Obat Asam Urat Tradisional

Obat Asam Urat Tradisional Herbal

Tak hanya pada orang yang telah lanjut usia, orang muda pun saat ini juga berpotensi untuk terserang penyakit asam urat atau gout. Hal ini dipicu karena pola makan kurang seimbang dengan lebih banyak mengonsumsi protein hewani dari hewan berkaki empat yang banyak mengandung purin. Melalui proses metabolisme, zat purin akan diubah menjadi asam urat. Pada jumlah yang berlebihan ginjal tak mampu lagi mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga kristal asam urat menumpuk pada persendian. Bila Anda termasuk penderita penyakit ini, Anda bisa mencoba obat asam urat alternatif menggunakan bahan herbal yang bisa diramu sendiri.

images 2 300x151 Obat asam urat tradisional

Resep herbal obat asam urat

Penyakit asam urat memang membuat penderitanya tak dapat melakukan aktifitas sehari-harinya dengan maksimal karena merasakan panas, nyeri, dan kadang bengkak pada persendian. Kadang kala bila kambuh juga terjadi peradangan pada persendian sehingga penderita merasakan kesakitan luar biasa saat menggerakkan bagian tersebut. Dampak paling buruk dari penyakit persendian ini adalah pengapuran atau pengeroposan tulang. Beberapa resep tradisional dari tanaman herbal berikut ini akan membantu Anda mengatasi masalah asam urat.

 

Resep 1

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk mengolah obat asam urat yang pertama ini adalah 2 gram biji seledri dan air bersih sebanyak 110  ml. Cuci biji seledri sampai bersih kemudian rebus dengan air bersih dan diamkan hingga mendidih. Setelah itu saring ramuan dari biji seledri dan minum saat sudah dingin dengan dosis satu kali sehari.

 

Resep 2

Untuk membuat resep 2 Anda membutuhkan 3 atau 5 kelopak bunga rosela, madu atau gula batu secukupnya, dan 200 cc air panas. Cuci kelopak bunga rosela sampai bersih, lalu seduh dengan air panas seperti Anda membuat teh, dan tambahkan gula batu atau madu secukupnya. Aduk hingga merata dan ramuan siap dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil sebagaimana yang Anda inginkan minumlah ramuan ini satu kali sehari setiap hari selama sebulan.

 

Resep 3

Untuk ramuan obat asam urat yang ketiga ini Anda harus menyiapkan 4 hingga 5 tanaman herbal meniran dan 4 atau 5 lembar daun kumis kucing, juga 2 gelas air. Cucilah daun kumis kucing dan meniran, lalu rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih. Diamkan hingga air berkurang menjadi setengahnya. Dinginkan dan konsumsi beberapa kali sehari

 

Resep 4download Obat asam urat tradisional

Untuk resep ke empat ini bahan utama yang digunakan adalah bahan herbal daun sirsak yang sejak beberapa tahun terakhir ini menanjak popularitasnya. Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah 6 hingga 10 lembar daun sirsak yang sudah tua tetapi masih berwarna hijau dan belum kering. Cuci daun hingga bersih lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih. Diamkan hingga airnya tinggal satu gelas dan dinginkan. Ramuan ini sebaiknya dikonsumsi 2 kali sehari hingga keluhan asam urat berkurang.

 

Resep 5

Selain daun sirsak, daun dan buah mahkota dewa juga banyak digunakan untuk ramuan jamu di Indonesia. Untuk meramu resep asam urat, siapkan 5 gram daging buah mahkota dewa, 10 gram sambiloto kering, 15 gram akar sidaguri, dan 5 gelas air bersih. Cuci seluruh bahan hingga benar-benar bersih menggunakan air mengalir dan rebus dengan 5 gelas air hingga mendidih. Terus didihkan ramuan hingga air yang tersisa hanya sekitar 3 gelas saja. Biarkan ramuan hingga dingin lalu saring. Dosis yang dianjurkan untuk mengatasi asam urat adalah 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

 

Agar obat asam urat ini dapat bekerja lebih efektif sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak zat purin seperti daging merah, jeroan, daging unggas, dan sejenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *