Fenomena Star Wars

By | April 27, 2016

Fenomena Star Wars memang selalu mengejutkan dunia. Sejak Lucas film merilis film Star Wars IV: A new Hope tahun 1977, Star Wars segera menjadi fenomena dunia. Fenomena Star Wars atau demam Star Wars langsung menyebar ke seluruh dunia. Sekarang, tahun 2015, fenomena Star Wars kembali mengguncang dunia.

Pada tahun 1977, dunia menjadi heran karena George Lucas merilis seri ke 4 terlebih dahulu. Ini tentu saja aneh karena dalam film serial, biasanya yang dirilis adalah seri pertama, seri kedua, seri ketiga, baru seri keempat. Ini adalah salah satu keunikan dari film Star Wars.

George Lucas membagi film Star Wars menjadi dua trilogi. Trilogi pertama yang dikatakan sebagai trilogi sekuel (trilogi asli) terdiri atas Star Wars IV, V dan VI. Sedangkan trilogi kedua yang dikatakan sebagai trilogi prekuel (trilogi baru) terdiri atas Star Wars I, II dan III.

collection postal stamps star wars movie characters luke skywalker centre 61266767 Fenomena Star Wars

Sumber image: http://www.dreamstime.com/photos-images/star-wars.html

Dengan strategi pemasaran yang hebat, disertai dengan promosi secara besar-besaran dan memberikan keunikan yang membuat jutaan orang merasa penasaran sehingga Star Wars IV: A new Hope berhasil sukses di seluruh dunia. Fenomena Star Wars segera terjadi di seluruh dunia sehingga berbondong-bondong orang datang ke bioskop untuk menonton Star Wars.

20 Unique Things That You Didn’t Know About Star Wars.

20 Hal unik yang anda tidak tahu dari Star Wars.

Dengan budget hanya $ 11 juta dollar, Lucas Film bisa membuat film Box Office sehingga menghasilkan $ 775 juta dollar dari seluruh dunia. Saat itu film Star Wars IV: A new Hope mendapatkan 11 nominasi Academy Awards dan memenangkan 6 piala Oscar. Nama George Lucas sebagai pemilik dari Lucas Film sekaligus sutradara dari film Star Wars IV: A new Hope, langsung melambung tinggi dalam dunia perfilman di Hollywood.

Kesuksesan ini membuat film Star Wars V: The Empire Strikes Back dirilis tahun 1980. Namun Star Wars V tidak sesukses Star Wars IV, karena hanya mendapatkan 4 nominasi Academy Awards dan memenangkan 2 piala Oscar. Dalam penghasilan, Star Wars V juga tidak sesukses Star Wars IV karena hanya menghasilkan $ 538 juta dollar dari seluruh dunia. Dalam Star Wars VI: Return of the Jedi yang rilis pada tahun 1983, kembali prestasi film Star Wars mengalami kemerosotan dalam penghasilan karena hanya bisa mendapatkan $ 475 juta dollar dari seluruh dunia. Walaupun telah mendapatkan 5 nominasi Academy Awards tetapi Star Wars VI hanya memenangkan 1 piala Oscar.

Dengan sabar, George Lucas menunggu selama 16 tahun, barulah ia merilis Star Wars I: The Phantom Menace tahun 1999. Ia menunggu selama itu karena ia tahu kalau dengan bantuan program komputer atau software khusus yang terbaru maka ia bisa menghemat jutaan dollar saat membuat film dengan memakai spesial efek secara digital.

Ternyata prediksi George Lucas benar karena dengan bantuan dari software terbaru, yang membuat efek-efek digital secara khusus dalam film maka Star Wars I: The Phantom Menace berhasil menghasilkan $ 1 miliar dollar dari seluruh dunia. Tetapi prestasi ini tidak diimbangi oleh penghargaan dalam dunia film. Saat itu Star Wars I: The Phantom Menace hanya mendapatkan 3 nominasi Academy Awards tanpa memenangkan 1 piala Oscar pun.

Kesuksesan ini membuat Star Wars II: Attack of the Clones dirilis tahun 2002. Star Wars II berhasil menghasilkan $ 649 juta dollar dari seluruh dunia. Tetapi prestasi dalam dunia film kembali merosot karena hanya mendapatkan 1 nominasi Academy Awards tanpa memenangkan 1 piala Oscar pun.

star wars dvd set 20728314 Fenomena Star Wars

Sumber image: http://www.dreamstime.com/photos-images/star-wars.html

Pada tahun 2005, film Star Wars III: Revenge of the Sith dirilis. Prestasi film Star Wars III membaik karena berhasil menghasilkan $ 848 juta dollar dari seluruh dunia. Tetapi kembali Star Wars III mengulangi prestasi Star Wars II, karena hanya mendapatkan 1 nominasi Academy Awards tanpa memenangkan 1 piala Oscar pun.

Kejutan datang pada tahun 2012, The Walt Disney Company membeli Lucas Film termasuk di sini right dari 3 trilogi film Star Wars, baik dua trilogi yang sudah rilis (Star Wars I-VI) maupun trilogi ketiga yang belum rilis (Star Wars VII-IX), seharga $ 4,06 miliar dollar.

Kejutan baru datang pada tahun 2015, Star Wars VII: The Force Awakens kembali membuat gebrakan. Film yang baru rilis pada tanggal 18 Desember 2015 ini membuat fenomena Star Wars bangkit kembali. Pada tanggal 24 Desember 2015, delapan hari sejak dirilis, pendapatan kotor dari film ini sudah mencapai $ 813 juta dollar dari seluruh dunia. Fenomena Star Wars kembali melanda dunia.

Jika pada Star Wars IV tahun 1977,  Harrison Ford hanya dibayar $ 10.000, maka pada Star Wars VII, ia dibayar $ 25 juta dollar ditambah 0,5 % pembagian dari pendapatan. Sebuah jumlah yang sangat fantastis sebab Star Wars VII diprediksi akan menembus $ 1 miliar dollar mengikuti jejak Star Wars IV tahun 1977.

Apakah Star Wars VII akan menembus rekor Star Wars IV? Biarlah waktu yang akan menjawabnya.

Fenomena Star Wars juga terjadi di Indonesia, yaitu adanya 3 artis Indonesia yang berpartisipasi dalam film Star Wars VII: The Force Awakens. Mereka adalah Yayan Ruhian sebagai Tasu Leech, pemimpin genk kejahatan antar galaksi. Sedangkan kedua artis Indonesia lainnya, yaitu Cecep Arif Rahman yang berperan sebagai Crokind Sand dan Iko Uwais yang berperan sebagai Razoo Qin-Fee, adalah anak buah dari Yayan Ruhian.

Artis Hollywood Indonesia.

Fenomena Star Wars tahun 1977 terjadi karena film ini menawarkan sesuatu hal yang unik dan baru sebagai hiburan bagi penontonnya. Sedangkan fenomena Star Wars tahun 2015 terjadi karena penonton merasa penasaran akan spesial efek dari film tersebut.

Walaupun Star Wars VII sukses di berbagai negara tetapi ia kalah bersaing dengan film lain di Korea Selatan dan Vietnam.

Kesimpulan

Inilah kesimpulan yang bisa diambil dari artikel ini:

  1. Star Wars VII diprediksi akan menembus rekor Star Wars IV dalam penghasilannya di seluruh dunia.
  2. Kalau anda ingin menjadi artis maka jangan takut dibayar murah untuk sebuah film yang bagus. Sebab setelah film itu menjadi terkenal maka bayaran anda akan menjadi berlipat kali ganda saat dibuatkan sekuelnya.
  3. Pihak Disney berani membeli Lucas Film karena telah mempredisksi kalau mereka pasti bisa untung karena masih ada dua film Star Wars, yaitu Star Wars VIII dan Star Wars IX yang direncanakan akan rilis tahun 2017 dan 2019.

Star Wars: The Force Awakens World Premiere Red Carpet. https://www.youtube.com/watch?v=z0OIPggil7k

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *