Diet Paleo – sehat langsing

By | April 24, 2016

Diet Paleo? Apa sih? Penasaran, … kan!

Diet Paleo adalah diet ala orang zaman purba.

Beberapa dekade terakhir perekonomian Indonesia tumbuh dengan cepat. Pertumbuhan ekonomi yang cepat menyebabkan jumlah orang kaya menjadi meningkat setiap tahunnya. Dengan semakin banyak orang kaya maka semakin menjamur industri makanan di Indonesia. Lihatlah, hampir setiap kota di Indonesia mulai diserbu dengan fast food dan junk food. Akibatnya adalah semakin banyak orang Indonesia yang kelebihan berat badan alias kegemukan.

Banyak cara dilakukan untuk mengurangi kegemukan atau obesitas. Mulai dari berolahraga, aktif di fitness atau Gym, melakukan sedot lemak, minum obat pencegah nafsu makan atau obat-obatan lainnya, minum jamu, vitamin atau suplemen (obat) herbal dan melakukan diet.

Ada bermacam-macam cara untuk diet. Jenis-jenis diet yang paling populer didunia adalah Atkins Diet, Zone Diet, Diet vegetarian, Diet Vegan, Weight Watchers Diet, South Beach Diet, Raw Food Diet (diet makanan mentah), Diet Mediterania dan Diet Paleo. Diet yang terkenal di Indonesia adalah Diet OCD (diet ala Dedy Corbuzier), Diet Food Combining, Diet Makan Tanpa Rasa (hanya direbus), Diet Makan Nasi Merah dan Dada Ayam, Diet dengan Tanpa Mengkonsumsi Nasi, dan Diet Paleo.

Cara diet alami.

Tips diet sehat.

Cara menurunkan berat badan.

paleo : The hand writing paleo diet Stock Photo

Sumber image: http://www.123rf.com/stock-photo/paleo.html

Beberapa tahun terakhir ini diet Paleo menjadi trend di Indonesia. Sebenarnya trend ini bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi di seluruh dunia. Sangking terkenalnya, sampai ada beberapa majalah yang khusus membahas soal diet Paleo, seperti Paleo Flourish Magazine, Paleo Lifestyle Magazine, Paleo Magazine, dll. Selain itu ada ratusan buku dan website/blog yang khusus dibuat untuk membahas soal tips sehat ala diet Paleo. Dan ada jutaan artikel yang khusus menulis tentang hal ini. Jika tidak percaya, anda bisa membuktikannya lewat mesin pencari di google, yahoo atau bing.

Arti kata dari Paleo.

Paleo berasal dari kata Paleolitik (bahasa Inggris = Paleolithic).

Definisi dari Paleolitik: Berhubungan dengan penamaan tingkat tradisi kebudayaan atas dasar teknik pembuatan alat batu dari masa berburu dan mengumpulkan makanan.

Paleolitik bisa disebut juga sebagai zaman batu tua, yaitu zaman pra sejarah sekitar 50.000 – 100.000 SM.

paleo : Have a Paleo Dinner - Happy prehistoric caveman couple having a huge bone-in meat for lunch or dinner Nice illustration for paleo diet programs, valentines, restaurants Illustration

Sumber image: http://www.123rf.com/stock-photo/paleo.html

 

Diet Paleo adalah diet ala zaman purba, di mana orang-orang makan makanan yang diambil langsung dari alam. Makanan ini didapat dari hasil beternak, berburu binatang hutan, termasuk di sini menangkap ikan di sungai atau laut dan hasil mengambil dari tumbuhan-tumbuhan yang tumbuh di alam. Makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti buah-buahan, kacang-kacangan, jamur, dan lain-lain. Jadi diet ini bebas dari campuran bahan-bahan kimiawi seperti yang banyak tersedia dalam berbagai macam makanan di zaman modern saat ini.

Oleh karena itu diet Paleo bebas dari alkohol, kopi, minuman bersoda, minuman dalam botol, minuman dalam kemasan, yogurt, pemanis buatan, MSG, makanan kaleng, nasi, mie instan, roti, biskuit, donat, sereal, pasta, fast food, mentega, kue dan berbagai macam makanan hasil produk olahan lainnya.

paleo : Set of objects in hand drawn style on paleo diet theme: meat, fish, fruits, vegetables, spices, nuts. Healthy food concept for your design

Sumber: http://www.123rf.com/stock-photo/paleo.html

 

Orang Indonesia suka makan nasi, karena nasi merupakan makanan pokok di Indonesia. Jadi susah bagi orang Indonesia untuk melakukan diet dengan meninggalkan nasi. Apalagi nasi merupakan sumber dari karbohidrat yang besar bagi tubuh kita. Pertanyaannya sekarang adalah kalau tidak makan nasi, apakah tubuh kita tidak kekurangan karbohidrat? Tentu saja tidak, karena masih ada alternatif nasi seperti singkong atau kentang yang mengandung banyak karbohidrat.

Beda antara vegetarian dengan diet Paleo adalah kaum vegetarian tidak makan daging sama sekali, sedangkan dalam diet Paleo kita masih boleh makan daging. Bahkan kita boleh sekali-sekali makan fast food.

Pertanyaannya sekarang adalah apakah kaum vegetarian bisa mengikuti diet Paleo? Jawabannya tentu saja bisa. Hanya sebagai vegetarian mereka tidak makan daging. Jadi mereka bisa ikut diet Paleo minus daging.

Keuntungan dari melakukan diet Paleo :

  1. Pikiran menjadi lebih jernih karena otak menjadi lebih sehat.
  2. Mengurangi berat badan dan mencegah kegemukan.
  3. Mencegah penyakit jantung.
  4. Mencegah penyakit diabetes.
  5. Mengurangi adanya tumpukan dari zat kimia buatan di dalam tubuh.
  6. Dapat mengecilkan perut.
  7. Mencegah berbagai macam penyakit.
  8. Tubuh menjadi lebih langsing.

Kesimpulan

Jika anda sedang melakukan diet atau ingin melakukan diet maka tidak ada salahnya untuk mencoba diet Paleo. Karena banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan diet Paleo.

 

Tips Diet Paleo yang Saya Jalankan (Paleo Diet) [DrOZ Indonesia]. https://www.youtube.com/watch?v=9kmoLt5m6dw

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *