Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat Dan Alami

Inilah Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Alami

 

Cara Sehat Alami Menurunkan Berat Badan

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat dan alami itu? Memiliki berat badan proporsional sehingga body terlihat ideal memang menjadi dambaan setiap orang. Baik kaum adam dan terutama kaum hawa. Pasalnya memiliki berat badan ideal tidak dipungkiri terlihat menarik dari segi penampilan. Selain itu, dengan berat badan yang pas Anda pastinya lebih mudah bergerak.

Penting pula diketahui. Dari segi kesehatan memiliki berat badan ideal dirasa jauh lebih baik. Gemuk memang tidak berarti penyakitan. Akan tetapi, seseorang dengan berat badan berlebih alias obesitas berisiko tinggi terkena penyakit kronis seperti kolesterol dan jantung.

Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal itu perlu. Bila berat badan didapati berlebih, maka sebaiknya mengupayakan sejumlah cara sehat untuk memangkasnya. Memang bukan hal mudah terlebih sekarang ini banyak ditawarkan junkfood atau makanan cepat saji yang membuat seseorang cenderung memiliki badan gemuk. Namun, tidak ada yang mustahil selama ada tekad bulat ingin mencoba. Adapun berikut ini diberikan beberapa cara menurunkan berat badan yang sehat dan alami:4. 5 Cara Diet Alami dan Sehat yang Patut Dicoba. a 300x204 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Alami

  • Jangan Abaikan Sarapan

Meski sedang dalam program menurunkan berat badan tidak lantas Anda boleh mengabaikan sarapan. Meninggalkan sarapan adalah kebiasaan salah. Meninggalkan sarapan menyebabkan proses metabolisme tidak berlangsung sebagaimana mestinya, malah cenderung lebih lambat. Alhasil hal tersebut mengganggu program turun berat badan yang diupayakan. Untuk itu, selalu rutin sarapan dengan makanan kaya serat dan gizi lengkap seperti putih telur, sayuran, dan susu.

  • Memanfaatkan Air Putih

Cara menurunkan berat badan sehat alami berikutnya dengan memanfaatkan air putih. Air putih memiliki andil besar dalam program turun berat badan. Mengonsumsi air putih cukup membantu meningkatkan hidrasi sel tubuh seperlu menunjang proses metabolisme. Sebelum makan ada baiknya membiasakan diri minum satu gelas air putih. Hal ini cukup efektif untuk mengurangi porsi makan berlebih.

  • Konsumsi Protein

Protein adalah zat penunjang diet sehat yang dianjurkan. Protein diketahui berkemampuan membakar lemak secara efektif. Asupan protein dapat Anda peroleh dengan mengonsumsi putih telur, oat meal, roti gandum, dan sereal. Asupan kaya protein ini amat dianjurkan dipilih dalam menu sarapan Anda sehari-hari.

  • Aktif Bergerak dan Olahraga

Dalam rangka penurunan berat badan dianjurkan pula aktif bergerak dan olahraga. Jadwalkan rutin olahraga meski dengan intensitas ringan seperti jalan santai, jogging, atau aerobik. Bila memang cukup sibuk dengan aktivitas harian, maka usahakan tetap aktif bergerak. Anda bisa menyiasati dengan pergi ke kantor naik sepeda bila jaraknya tidak terlalu jauh, menggunakan tangga seperlu menuju lantai kantor, dan sering berjalan-jalan di sela waktu luang. Cara menurunkan berat badan ini efektif membakar kalori dalam tubuh.

4. 5 Cara Diet Alami dan Sehat yang Patut Dicoba. b 300x200 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat dan Alami

  • Ganti Karbohidrat Sederhana Menjadi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat dibutuhkan sebagai sumebr energi dan gula tubuh. Adapun karbohidrat sederhana termasuk yang sulit diserap tubuh dan malah cenderung ditimbun menjadi lemak. Karbohidrat sederhana biasa didapat dari nasi, pasta, mie, dan lainnya. Sebaliknya karbohidrat kompleks lebih ramah terhadap program penurunan berat badan. Anda bisa mengganti asupan karbohidrat sederhana menjadi karbohidrat komplek dengan mengonsumsi beras merah, oat meal, gandum, sereal, atau kacang-kacangan.

  • Makanan Kaya Serat

Bagi Anda yang tidak ingin bermasalah dengan obesitas, maka sebaiknya mengonsumsi makanan kaya serat. Makanan berserat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan sebagai salah satu kunci penentu keberhasilan program turun berat badan Anda. Adapun serat tinggi dapat diperoleh dari buah dan sayur seperti pisang, pepaya, bayam, kentang, brokoli, dan ubi jalar.

  • Hati-Hati dengan Makan Malam Anda

Di waktu malam tubuh cenderung pasif bergerak. Bila memang harus bekerja lembur biasanya tidak seaktif di waktu siang. Inilah mengapa asupan karbohidrat tidak begitu dibutuhkan. Oleh karena itu, untuk menu makan malam Anda patut waspada. Pilih menu berupa sayur yang diolah dengan cara direbus dan bukan tumis menggunakan minyak. Tambahkan porsi buah sebagai pelengkap gizi Anda. Adapun yang tidak kalah penting, makan dengan porsi cukup sesuai kebutuhan agar cara menurunkan berat badan memberi hasil optimal.

 

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *