Cara menghilangkan komedo

 

5 Cara Efektif Menghilangkan Komedo dengan Aman

Komedo memang menjadi momok masalah yang cukup mengganggu. Masalah kulit ini bisa dialami oleh siapa saja. Meski demikian, remajalah yang umumnya kerap menderita karenanya. Komedo sebenarnya merupakan penyumbatan pori-pori kulit yang dapat diidentifikasi dari bentuknya yang berupa tonjolan kecil berwarna putih (whitehead) ataupun hitam (blackhead). Tonjolan-tonjolan tersebut umumnya muncul di area wajah seperti area hidung dan mata. Jika tidak segera diatasi, komedo bisa berubah menjadi jerawat yang biasa disebut papul yang tentu saja memberi masalah yang lebih serius kepada penderitanya.

Saat ini mungkin Anda sedang bertanya-tanya tentang cara menghilangkan komedo. Ada rasa khawatir saat komedo berkembang menjadi lebih banyak dan semakin menghancurkan wajah Anda. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut beberapa cara aman untuk menghilangkan komedo.

Menghilangkan Komedo dengan Uap Air Panas

Uap air panas memang telah lama dikenal sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi komedo. Uap panas dari air mampu melebarkan pori-pori kulit sehingga memudahkan Anda untuk membersihkan kotoran-kotoran yang mengendap di dalam kulit.

Untuk memperoleh hasil yang lebih baik, Anda bisa menambahkan sedikit garam pada air rebusan. Setelah itu, uapi wajah dengan uap airnya selama 5 hingga 10 menit. Anda juga bisa menutup kepala Anda dengan handuk dan duduk sambil menghadapkan wajah ke depan baskom yang berisi air panas. Cara tersebut akan meningkatkan efektifitas dari perawatan ini.

Memanfaatkan Pepaya

Pepaya sangat terkenal sebagai pelawan keriput. Karena itu, buah yang satu ini kerap dijadikan bahan utama produk-produk kecantikan, khususnya produk anti-aging. Namun selain berkhasiat mengatasi keriput, pepaya juga mampu mengatasi komedo. Caranya cukup dengan menggunakannya sebagai masker dengan cara melembutkannya kemudian mengoleskannya ke area wajah. Diamkan selama beberapa saat, setelah itu bilas wajah dengan air bersih.

Waktu terbaik untuk menggunakan masker pepaya adalah pada pagi dan saat menjelang tidur. Pastikan untuk melakukan perawatan ini secara rutin dan komedopun akan berkurang.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sangat identik dengan produk perawatan rambut. Akan tetapi selain baik untuk rambut, lidah buaya juga baik untuk kulit. Gel dari tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi komedo yang mengganggu. Caranya cukup mudah. Sebelumnya siapkan satu batang lidah buaya dan iris hingga menjadi 2 bagian. Ambil gelnya dan kemudian oleskan ke area wajah. Anda bisa mengaplikasikan resep ini 1 hingga 2 kali sehari. Dengan perawatan yang rutin, komedo tidak akan tampak lagi.

Anda juga bisa memanfaatkan seluruh bagian batang lidah buaya sebagai masker wajah dengan memblendernya dan mengaplikasikannya ke area wajah.

Jus Lemon

Jeruk nipis atau jeruk lemon telah lama digunakan untuk mengatasi masalah komedo. Jeruk jenis ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah. Untuk membuat produk perawatan alami ini, siapkan dulu jus lemonnya dan campur jus tersebut dengan gliserin dan minyak almond. Blender ketiga bahan tersebut hingga lembut, selanjutnya oleskan ke area wajah. Pastikan untuk mengoleskannya secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

Selain menjadi cara menghilangkan komedo yang cukup efektif, resep ini juga baik untuk menghilangkan flek hitam. Anda juga bisa menggunakan campuran air lemon, madu, yogurt dan garam untuk menghilangkan komedo. Gunakan sebagai scrub dan gosok wajah dengan lembut. Dengan perawatan rutin, komedo pasti akan hilang secara bertahap.

Masker Putih Telur

Putih telur juga dikenal cukup efektif untuk menghilangkan komedo. Namun pastikan untuk menggunakan bagian putih telurnya saja. Campurkan putih telur dengan satu sendok madu. Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke area wajah. Pastikan untuk mengoleskannya secara merata ke area yang terkena komedo dan diamkan sejenak. Setelah 25 hingga 30 menit, bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan.

Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, lakukan perawatan ini secara rutin. Perawatan alami seperti menggunakan putih telur memang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Namun satu hal yang pasti, cara menghilangkan komedo ini aman untuk siapa saja. Anda tidak perlu takut dengan efek samping yang biasa Anda temui pada produk-produk kecantikan kimia.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *