Cara membuat blog

Cara Membuat Blog Pada WordPress

 

Apa perbedaan website dan blog? Sesungguhnya keduanya mempunyai fungsi yang sama, hanya saja blog pada awalnya digunakan sebagai jurnal pribadi pemiliknya. Tetapi saat ini blog telah banyak digunakan sebagai situs utama yang berfungsi untuk menunjang marketing suatu usaha. Cara membuat blog lebih sederhana daripada website tanpa harus mempelajari HTML yang rumit.

 

Sebelum membuat blog terlebih dahulu kita harus menentukan platform situs yang ingin kita gunakan. Platform-platform yang banyak tersedia adalah blogger/blogspot, CMS, WordPress, atau Joomla. Kita juga dapat membuat website statis dengan editor seperti Dreamweaver. Agar blog atau website milik kitamampu menembus hasil pencarian mesin pencari dengan mudah, akan lebih baik bila sebelumnya kita melakukan riset untuk keyword atau kata kunci.

 

Cara membuat blog pada platform WordPress (WP)

Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat blog sendiri pada WP. Script WP dapat digunakan tanpa berbayar atau pun digunakan sebagai domain dengan hosting sendiri. Tetapi sebagai permulaan Anda bisa mencoba yang gratis terlebih dahulu untuk mencoba semua fiturnya baik berupa hosting maupun subdomainnya. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Bukalah situs WP dengan cara meng-klik URL id.wordpress.com pada browser Anda.
  2. Setelah laman tersebut terbuka, entry alamat web yang Anda kehendaki seperti misalnya BlogBermanfaat.wordpress.com. Setelah itu klik pada tombol “Buat Situs Web”.
  3. Berikutnya akan muncul halaman baru dan Anda akan diminta untuk mengisi form yang terdiri dari alamat email, nama pengguna untuk melakukan login, password, dan alamat blog.
  4. Untuk alamat email isilah dengan alamat email Anda. Untuk pertanyaan nama pengguna isilah dengan variasi nama atau bisa juga nama asli, seperti misalnya nadya atau nadya86. Ini merupakan user name saat Anda login pada dashboar WP. Untuk kolom password isilah dengan password yang mudah Anda ingat. Pada kolom alamat blog, periksa ulang alamat untuk blog Anda, seperti misalnya BlogBermanfaat.wordpress.com. Klik link yang bertuliskan “akan menggunakan alamat yang gratis”. Jika semua kolom telah terisi,  langkah berikutnya adalah meng-klik tombol “buat blog” yang berada pada bagian bawah.
  5. Pihak platform WP kemudian akan mengirimkan link sebagai verifikasi pada email Anda. Bukalah email Anda untuk memperoleh email dari wordpress.com dan ikuti petunjuk dengan meng-klik link pada email yang Anda terima.
  6. Berikutnya setelah meng-klik link tersebut tab baru akan terbuka pada browser Anda dan Anda akan dapat mengakses halaman dashboard WordPress yang Anda miliki.

 

Hingga langkah yang terakhir ini sesungguhnya Anda telah sukses membuat blog pada WP. Dengan mengetikkan nama blog pada browser Anda bisa melihat tampilan blog Anda. Bila tak terlalu menyukai tampilan default dari WP Anda dapat melakukan beberapa perubahan pada blog WP Anda dengan cara melakukan setting ulang. Anda akan dimungkinkan untuk membuat judul blog, mengganti themes,  membuat deskripsi singkat atau tag line, memasang widget, dan lain sebagainya.

 

Demikianlah langkah mudah dan sederhana cara membuat blog pada platform WP. Anda bisa membuat tampilan blog Anda lebih unik sehingga menarik perhatian para pengguna internet untuk berkunjung. Semua tergantung pada kreativitas Anda. Meskipun demikian perlu diingat bahwa WordPress memberikan batasan untuk mengedit kode-kode html pada blog bagi para penggunanya. Selain berisi catatan harian atau jurnal pribadi, blog juga dapat menjadi sarana untuk memperoleh penghasilan tambahan untuk Anda. Pelajari caranya sehingga Anda dapat menggunakan internet dengan lebih produktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *