Buah Tersehat Di Indonesia

By | April 24, 2016

Buah paling sehat di dunia ternyata ada juga di Indonesia.

Kita semua telah tahu kalau makan buah-buahan dan sayur-sayuran membuat tubuh kita menjadi lebih sehat. Tetapi anda pasti tidak tahu buah mana yang paling sehat di dunia, yang banyak terdapat di Indonesia.

Inilah daftar dari buah-buahan paling sehat di Indonesia:

1. Alpukat

Buah Alpukat (avocado) berasal dari Amerika Tengah. Apukat dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda. Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang tinggi sehingga dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Lemak tak jenuh dikenal juga dengan nama lemak baik atau lemak sehat (HDL). Oleh karena itu buah alpukat dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung dan atau struk. Struk termasuk serangan jantung yang parah yang dapat mengakibatkan seseorang menjadi lumpuh, lumpuh sebelah bahkan kematian. Jika serangan jantung biasa terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah di jantung maka struk terjadi karena tersumbatnya pembuluh darah di otak. Alpukat juga bisa untuk mengurangi radang nyeri sendi, depresi, mengobati panas dalam dan sariawan.

Alpukat mengandung lemak sehat, vitamin dan mineral, gula, protein dan serat. Alpukat juga baik dipakai untuk diet karena kita akan merasa cepat kenyang setelah makan alpukat.

Manfaat dan Kandungan Buah Alpukat – Tips Hidup Sehat.

https://www.youtube.com/watch?v=C5U-uU6SIPQ

2. Apel

Buah Apel berasal dari Asia Tengah. Apel mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, tetapi kulit apel mengandung antioksidan yang lebih tinggi dari pada buahnya. Sayang sekali banyak orang lebih suka makan buah apel tanpa kulit, termasuk penulis. 🙂

Makan apel bisa mengurangi resiko kanker karena apel mengandung fenol yang dapat mencegah kanker. Selain kanker, apel mengandung flavonoid (phloridzin) dan boron yang bisa memperkuat tulang dan mengurangi osteoporosis. Apel juga mengandung Galacturonic acid yang bisa mengontrol gula darah.

Apel juga baik digunakan untuk diet. Pada malam hari jangan makan nasi, cukup makan 1 buah apel. Dan kita akan segera melihat kalau berat tubuh kita akan berkurang dengan cepat. Bukan hanya berat tubuh, tetapi kolesterol jahat (LDL) juga ikut berkurang. 🙂

Apel bisa juga dijadikan cuka, sehingga disebut cuka apel. Cuka apel sangat baik untuk dikonsumsi

oleh orang-orang yang menderita berbagai macam penyakit.

Pernahkah anda bertanya, kenapa apel yang telah dikupas kulitnya bisa cepat berubah warna menjadi coklat? Dapatkan jawabannya di sini.

3. Pisang

Indonesia adalah salah satu negara yang menghasilkan pisang sepanjang tahun. Ada berbagai macam jenis pisang di Indonesia, yaitu pisang raja, tanduk, susu, ambon, barangan, kepok, uli, mas, dll.

Pisang kaya dengan mineral seperti kalium, kalsium, potasium, magnesium dan zat besi. Pisang juga mengandung vitamin B dan B6. Pisang sangat baik dimakan oleh wanita yang sedang hamil karena mengandung asam folat, yang dibutuhkan oleh janin. Asam folat adalah vitamin yang larut dalam air dan kaya akan nutrisi. Asam folat mengurangi resiko cacat pada bayi karena membantu dalam pertumbuhan sel dan jaringan.

Tips cepat hamil.

Tips Buah Sehat Untuk Ibu Hamil

https://www.youtube.com/watch?v=ThrrjAxvQSw

Saat terbaik untuk makan pisang adalah saat pisang sudah masak dan ada bintik-bintik hitam di kulit pisang. Pisang masak mengeluarkan zat bernama TNF (Tumor Necrosis Factor) untuk melawan sel-sel abnormal dalam tubuh. Sedangkan kita semua tahu kalau ketika sel-sel abnormal menjadi banyak maka mereka akan membentuk benjolan (tumor). Dan tumor yang ganas bernama kanker.

ape 44564  180 Buah tersehat di Indonesia

Sumber image: https://pixabay.com/en/photos/?image_type=&cat=&min_width=&min_height=&q=banana&order=popular

Masalahnya adalah pisang masak cepat sekali berubah dan menjadi busuk. Oleh karena itu jika kita melihat ada bintik-bintik hitam dalam kulit pisang maka kita harus menyimpannya di kulkas, untuk memperlambat terjadinya pembusukkan pada pisang tersebut.

4. Manggis

Buah Manggis adalah buah asli dari Indonesia. Manggis adalah buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Manggis banyak mengandung vitamin C dan E. Dalam Manggis terdapat Xanthone atau senyawa anti-kanker, yang memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker. Xanthone juga berfungsi untuk melunakkan kembali sel-sel membrane yang sudah membesar dan mengeras sehingga dapat mencegah penyakit jantung. Oleh karena itu manggis dapat mencegah kanker, diabetes dan batu ginjal serta mengurangi rasa sakit.

Selain buah manggis, kulit manggis ternyata juga bermanfaat buat manusia. Oleh karena itu kulit manggis diekstrak dan dijadikan obat atau suplemen herbal atau dijadikan sirup. Sama seperti buah manggis, kulit manggis juga mengandung xanthone.

Berdasarkan Manfaat.CO.ID, ada 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan.

mangosteen 150094  180 Buah tersehat di Indonesia

Sumber image: https://pixabay.com/en/photos/?image_type=&cat=&min_width=&min_height=&q=mangosteen&order=popular

Kesimpulan

Keempat buah di atas sudah sering kita makan. Tetapi selama ini kita tidak tahu kalau buah-buahan tersebut mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan.

Sakit? Makan buah ini.

Makanan pencegah kanker.

Top 10 of the Most Nutritious Foods in the World.

Setelah kita tahu manfaat dari keempat buah-buahan di atas maka ada baiknya kita lebih sering makan buah-buahan tersebut, supaya tubuh kita tetap sehat sampai tua. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *