Tips Ini Solusi Bagi Anda Untuk Baterai Smartphone Yang Tetap Awet Selama Liburan

By | Februari 15, 2016

Baterai adalah bagian terpenting dari smartphone. Tanpa Adanya baterai, secanggih apapun smarphone yang Anda gunakan tidak akan berfungsi sama sekali dengan kata lain tidak ada gunanya.

Saat masa-masa liburan, hal yang wajib Anda bawa selain pakaian dan perlengkapan lainnya adalah smartphone. tidak terbayangkan bukan, jika smartphone Anda tertinggal. Tetapi, saat liburan, Anda tidak mungkin selalu stay di satu tempat. Hal ini membuat Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk mengisi baterai smartphone Anda. meskipun begitu, saat ini masih banyak orang yang kurang mempedulikan hal ini. Akibatnya setelah liburan, baterai Anda menjadi cepat rusak karena dipaksa selalu bekerja tanpa henti.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena masih banyak cara untuk menjamin keawetan baterai smartphone saat liburan. Seperti yang dikutip dari merdeka.com.

hindari pemakaian terlalu lama rev1 Tips Ini Solusi Bagi Anda Untuk Baterai Smartphone yang Tetap Awet Selama Liburan

Tips Ini Solusi Bagi Anda Untuk Baterai Smartphone yang Tetap Awet Selama Liburan

5 tips agar baterai smartphone lebih awet saat liburan

Usahakan untuk menghindari baterai Li-ion dari panas yang berlebihan

Saat ini smartphone banyak yang memakai baterai jenis lithium-ion. Baterai tersebut bukannya tanpa kendala, salah satu masalah terbesar baterai tersebut adalah panas.

Panas yang berlebihan pada baterai akan membuat baterai cepat rusak, bahkan meledak. Anda juga akan merasakan, jika smartphone akan lebih cepat habis beterainya jika digunakan di cuaca yang terik.

Untuk itu perhatikan smartphone Anda, jangan sampai melampaui suhu 40 derajat celcius. Karena akan menyebabkan baterai kehilangan 35 persen kapasitas maksimalnya. Lebih baik untuk  menyimpan smartphone jika keadaannya panas dan tidak bersahabat, kecuali memang hangat mendesak.

Selalu rajin untuk mengisi baterai smartphone agar baterai smartphone Anda selalu penuh

Mungkin tips yang satu ini tidak mudah dilakukan, karena saat liburan Anda tidak selalu menemukan tempat untuk mengisi baterai smartphone. Namun apabila ada kesempatan, tidak ada salahnya untuk mengisi baterai smartphone Anda. Solusi lainnya, Anda bisa menggunakan Power-bank agar baterai Anda selalu di atas 50 persen.

Jenis baterai yang paling banyak digunakan oleh smartphone saat ini yaitu lithium-ion yang hanya akan bekerja secara maksimal saat kapasitas baterai di atas 50 persen. Untuk itu, penting untuk menjaga baterai tetap 50 persen ke atas. Tapi, jika pengisian sudah mencapai 100 persen, jangan terus mengisinya. Hal ini membuat baterai lebih cepat rusak. Salah satu yang paling disarankan adalah mengisi daya saat mencapai 40 persen hingga 80 persen apabila waktu mencukupi.

Jangan membiarkan baterai kosong

Selain akan mengganggu perjalanan Anda, membiarkan baterai sampai habis juga akan menimbulkan ketidakstabilan pada baterai Anda. Oleh karena itu sangat penting untuk tetap menjaganya di atas 40 sampai 50 persen.

Jangan memakai smartphone jika tidak diperlukan

Sebenarnya saat Anda berada dalam kendaraan, baterai smartphone lebih mudah habis. Hal ini diakibatkan oleh proses adaptasi terhadap jaringan seluler yang selalu berubah secara terus menerus. Untuk itu, lebih baik simpan smartphone Anda di tempat yang aman, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Non-aktifkan GPS dan Wi-Fi jika tidak dibutuhkan

Ketika dalam perjalanan, GPS sangat membantu Anda untuk terus memantau lokasi Anda. namun ternyata, GPS, yang terus diaktifkan akan menyebabkan baterai cepat habis.

Terlebih lagi, apabila koneksi Wi-Fi terus aktif. Dua fitur tersebut memang yang paling boros dalam menggunakan baterai. Untuk itu, aktifkan dua fitur tersebut ketika Anda benar-benar dibutuhkannya. Sebab, GPS dan Wi-Fi bisa membuat smartphone Anda kepanasan karena kelebihan beban.

Itulah beberapa tips agar baterai smartphone Anda tetap awet selama liburan. Semoga informasi ini bisa menjadi solusi yang baik untuk Anda yang akan berpergian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *