Tips Ini Harus Diperhatikan Agar Baterai Hp Anda Tidak Cepat Rusak

By | Februari 15, 2016

Mengecas Hp adalah hal yang sangat penting dilakukan agar Hp bisa tetap menjalankan semua fungsinya dengan baik. Hp sebagus dan secanggih apapun tidak akan jalan jika baterai Hp dalam keadaan kosong. Tetapi terkadang, kegiatan tersebut banyak disepelekan oleh banyak orang. Padahal, mengecas Hp sembarangan bisa membuat usia baterai menjadi singkat. Untuk itu, Anda perlu tahu dan harus lebih memperhatikan beberapa tips di bawah ini untuk mengecas atau mengisi daya Hp yang baik dan benar.

cara mempercepat pengisian baterai hp 1024x345 Tips Ini Harus Diperhatikan Agar Baterai Hp Anda Tidak Cepat Rusak

Tips Ini Harus Diperhatikan Agar Baterai Hp Anda Tidak Cepat Rusak

Tips mengecas dan mengisi daya baterai yang baik dan benar

Usahakan untuk menggunakan charger orisinal

Saat pertama kali membeli Hp baru pasti akan dilengkapi dengan perangkat lain, seperti charger, earphone, dll. Charger yang melengkapi Hp Anda tersebut adalah charger orisinal. Kelebihan dari menggunakan charger orisinal sendiri adalah lebih cepat dalam proses pengisian daya baterai. Jika Anda mencoba mengisi daya dengan charger merek lain, pasti akan lebih lama waktu pengisiannya. Selain lebih cepat waktunya, charger orisinal juga dijamin aman untuk Hp Anda. Hal ini disebabkan komponen charger sudah disesuaikan dengan kebutuhan Hp tersebut, terutama kebutuhan baterai-nya.

Hindari mengecas baterai dengan colokan USB, kecuali benar-benar mendesak

Cara yang paling tidak ribet dan simpel adalah mengecas Hp Anda menggunakan USB ke komputer atau pun laptop. Memang hal tersebut membuat Hp tidak jauh dari jangkauan Anda. Apalagi, jika Anda memang sedang begitu sibuk dengan laptop Anda, seperti mengerjakan tugas, bermain game atau pun memindahkan data. Tetapi tahukan Anda? setiap colokan untuk mengecas Hp memiliki daya listrik yang berbeda-beda. Hal ini akan mempengaruhi kualitas dan kesehatan baterai Hp Anda. Oleh karena itu, tidak sarankan untuk mengecas Hp lewat USB, kecuali benar-benar mendesak.

Harus lebih memperhatikan kapasitas Hp dan jangan melebihi kapasitas tersebut

Baterai lithium-ion akan mengalami tingkat kepanasan yang berlebihan jika ditinggalkan seharian atau pun dicas dalam waktu yang lama. Walaupun charger sudah diberikan fungsi untuk menakar kebutuhan baterai, bahkan untuk gadget terbaru bisa mengatur arus listrik jika kondisi pengisian 100%, tapi tetap saja Anda harus membiasakan untuk lebih waspada pada jumlah daya yang sudah terisi. Langsung cabut charger jika sudah selesai menggunkannya.

Menghindari penggunaan Power-Bank atau charger jepit akan lebih baik untuk baterai Anda

Charger yang tidak langsung dicolokkan ke sumber listrik akan membuat aliran panas lebih banyak ke dalam Hp. Hal ini akan berakibat buruk pada keseluruhan perangkat dan komponen yang ada di dalamnya, terutama baterai. Untuk itu, jika benar-benar tidak kepepet hindari mengecas Hp dengan alat-alat tersebut.

Jangan membiarkan baterai kosong hingga 0%

Inilah yang mungkin paling sering dilakukan oleh pengguna Hp, yaitu membiarkan baterai benar-benar habis sampai 0%. Padahal idealnya, baterai yang tersedia masih berada pada kisaran 20-40%. Hal ini bertujuan untuk menghindari ketidakstabilan kinerja dan hal tersebut sangatlah berbahaya. Bahkan bisa memicu baterai meledak.

Usahakan tidak mengecas sampai 100%

Ketika mengisi daya usahakan tidak mengisi hingga 100%. Persentase yang disarankan sekitar 80-90%. Hal ini disebabkan, jika sampai 100% akan mempengaruhi kemampuan dan kapasitas baterai jika suatu saat mati hingga 0%. Akibat dari  hal tersebut, beterai akan lebih lama untuk mengisi daya dan Hp akan lebih sering mengalami panas yang berlebihan.

Itulah sedikit tips mengecas Hp atau mengisi daya yang baik dan benar. Informasi tersebut semoga berguna untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *