Liburan Anda Ke Sumatra Barat Tidak Akan Lengkap Jika Belum Mencicipi Kuliner Ini

By | Februari 6, 2016

Sudah bukan rahasia lagi, jika Sumatra Barat adalah surganya wisata kuliner. Banyak sekali restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Sumatera Barat. Tetapi, Anda jangan sampai melewatkan 7 kuliner Sumatra Barat yang pasti sedap ini.

Bumbu Resep Rendang Daging 770x439 c Liburan Anda ke Sumatra Barat Tidak Akan Lengkap Jika Belum Mencicipi Kuliner Ini

Liburan Anda ke Sumatra Barat Tidak Akan Lengkap Jika Belum Mencicipi Kuliner Ini

7 kuliner khas Sumatra Barat yang wajib Anda coba

Rendang

Makanan ini sudah tersohor di seluruh Indonesia, bahkan ke mancanegara karena rendang merupakan salah satu dari makanan terenak di dunia.Hal ini tidak heran memang karena rendang mempunyai cita rasa yang khas dan tidak tertandingi. Cara memasaknya pun tidak mudah dan perlu ketelantenan agar menghasilan rendang yang enak. Rendang juga merupakan sajian khas hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Tapi, pernahkah Anda mencoba makanan yang satu ini dari tempat asalnya langsung? Jika belum Anda wajib mencobanya jika berkunjung ke Sumatra Barat.

Dendeng Balado

Siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Setiap restoran Padang yang tersebar di pelosok nusantara pasti selalu menyediakan menu makanan yang satu ini. Makanan ini berbahan dasar daging sapi yang di potong tipis-tipis dan dicampurkan dengan bumbu rempah-rempah yang khas, lalu di jemur hingga kering. Setelah itu, digoreng dan ditaburi Lado atau sejenis cabe merah. Sudah terbayang rasanya seperti apa? Yang pasti rasanya sangat enak. Untuk Anda yang belum pernah mencoba, secara langsung dari tempat asalnya. Maka, jangan lewatkan makanan ini saat mengunjungi Sumatra Barat.

Dendeng Batokok

Dendeng yang satu ini pun tidak pernah absen dari restoran Padang dimana pun itu berada. Bedanya dengan dendeng balado, dendeng batokok ini cara pembuatannya di getok atau  dipukul setelah digoreng dengan bumbu yang sangat khas dan cabe merah diatasnya. Dijamin satu kali menyicipinya Anda akan ketagihan.

Soto Padang

Setiap daerah di Indonesia hampir semuanya memiliki ciri  khas soto masing-masing. Sumatera Barat pun tidak ketinggalan. Sumatera Barat mempunyai menu yang dinamakan dengan soto padang. Soto padang mempunyai cita rasa yang sangat khas dan gurih dengan campuran sambal merah yang cocok untuk dijadikan makanan untuk disantap bersama keluarga.

Sate Padang

Siapa yang tidak kenal sate yang satu ini? Pasti Anda juga sudah tidak asing dengan sate padang? Setiap daerah di Indonesia juga mempunyai ciri khas menu sate masing-masing. Sate padang sendiri mempunyai ciri tidak ditambahkan kecap, seperti halnya sate yang ada di pulau Jawa. Rasa sate padang pun sangat khas dengan rasa gurih bercampur pedas dan biasa ditambah dengan taburan bawang goreng di atasnya yang menambah cita rasa.

Lamang Tapai (Ketan)

Mungkin nama makanan ini tidak setenar makanan yang lainnya, tetapi percaya deh Anda tidak akan kecewa dengan rasa dari Lamang Tapai ini. Makanan yang konon katanya dari pesisir selatan ini, terdapat hampir di semua daerah Minangkabau. Lamang tapai terbuat dari beras ketan dan mempunyai rasa yang sangat khas. Rasa manis bercampur cita rasa tapai yang dijamin membuat lidah Anda bergoyang.

Kalio Baluik (kalio belut)

Makan ini diolah dengan cabe yang sudah digiling halus dan dicampurkan dengan santan yang sebelumnya sudah dimasak. Setelah itu, diaduk bersama ikan teri, kentang dan pete. Bagaimana rasanya? Dijamin Anda akan ketagihan. Rasa yang sangat khas membuat Anda akan magi lagi. Selain itu, masakan ini pun terkenal sangat pedas sehingga bisa jadi rekomendasi pecinta pedas saat berkunjung ke Sumatra Barat.

Menu-menu makanan di atas sayang sekali untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat. Semoga memberikan inspirasi untuk Anda.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *