Lakukan Yoga Mata Agar Kelenturan Otot Mata Anda Terjaga

By | Februari 14, 2016

Mata adalah suatu anugerah yang sangat besar dari Tuhan. Tanpa mata, Anda tidak bisa melihat pemandangan yang menakjubkan di dunia ini, keluarga tersayang Anda, dan teman-teman yang selalu ada di sisi Anda.

Untuk itu, kesehatan mata Anda harus dijaga dengan baik. Kebutuhan mata bukan hanya banyak minum vitamin A, mata yang sehat juga sangat perlu untuk olahraga. Salah satunya dengan melakukan yoga mata.

Yoga yang dikhususkan untuk mata ini sangat baik untuk melatih otot-otot, membuat mata menjadi lebih lentur dan tidak lagi kaku. Yoga mata juga sangat baik agar mata tidak muda lelah dan buram. Lalu bagaimana gerakan-gerakan mata tersebut?

5e 750x450 Lakukan Yoga Mata Agar Kelenturan Otot Mata Anda terjaga

Lakukan Gerakan Yoga Mata Ini Agar Kelenturan Otot Mata Anda terjaga

Inilah gerakan-garakan yoga mata

Memejamkan mata selama 30-60 detik

Gerakan ini bisa membuat mata Anda lebih tajam dan sehat. Untuk itu, Anda harus melakukan yoga mata ini secara rutin. Gerakannya juga tidak sulit untuk diikuti. Caranya dengan memejamkan mata Anda selama 30 sampai 60 detik. Rasakanlah aliran darah yang mengalir di badan dan denyut mata Anda. Cara ini akan lebih rileks dan siap untuk melakukan gerakan selanjutnya.

Menggerakkan mata ke atas dan ke bawah

Tidak sedikit orang yang lupa untuk merawat mata mereka. Padahal, mata adalah organ yang sangat penting bagi kehidupan mereka. Gerakan selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu menggerakkan bola mata ke atas secara maksimal selama 3 detik. Lalu gerakkan mata ke bawah selama 3 detik pula. Lakukan gerakkan ini selama 5 kali dan diakhiri dengan memejamkan mata kurang lebih 5 menit. Jika sering melakukan hal ini, akan membuat pandangan mata Anda lebih baik karena otot mata yang kembali lentur.

Gerakkan mata ke kanan atas dan ke kiri bawah

Vitamin A untuk mata memang sangat penting, tetapi Anda juga harus mengiringinya dengan yoga mata. Menggerakkan mata ke kanan atas selama 3 detik. Lalu dilanjutkan dengan ke kiri bawah selama 3 detik secara maksimal. Lakukan hal ini sebanyak 4 kali. Selanjutnya, akhiri dengan memejamkan mata selama 5 detik. Hal ini akan membuat pandangan Anda lebih maksimal karena otot mata tidak tegang.

Gerakkan mata ke kiri atas dan ke kanan bawah

Langkah ini sangat simpel dan mudah diikuti, yaitu menggerakkan mata ke sisi kiri atas lalu tahan selama 3 detik. Kemudian lanjutkan dengan menggerakkan mata ke kanan bawah selama 3 detik. Gerakan tersebut harus dilakukan semaksimal mungkin. Ulangi gerakan tersebut selama 4 kali, setelah itu akhiri dengan memejamkan mata selama 5 detik.

Menggerakkan bola mata secara melingkar

Tidak hanya tubuh dan kaki atau pun tangan saja yang perlu olah raga, mata pun sangat perlu olahraga. Terkadang otot-otot mata kaku, hal inilah yang menyebabkan masalah pada mata Anda. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menggerakkan bola mata ke segala arah. Dimulai dari melihat ke arah atas, kanan, bawah, kiri dan kembali ke posisi semula. Lakukan hal ini selama 5 kali. Setelah itu, pejamkan mata dan cobalah jaga diri agar tetap rileks. Gerakan ini bisa membantu penglihatan Anda lebih tajam dan jelas. Asalkan dilakukan secara teratur.

Melihat benda dengan jarak yang berbeda

Anda sering melihat sesuatu buram jika dilihat dari kejauhan? Mungkin gerakan yang satu ini cocok untuk Anda. Caranya mudah saja, acungkan jempol tangan Anda dengan lurus ke depan, setelah itu perhatikan jempol tangan Anda selama 3 detik, lalu lihat ujung jempol selama 3 detik juga. Kemudin Anda lihat ujung hidung Anda selama 3 detik. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kali. Gerakan tersebut akan melenturkan otot siliaris. Oleh karena itu, tidak heran daya akomodasi Anda akan menjadi lebih baik.

Menggosok-gosokkan tangan lalu menempelkannya di wajah

Cara ini bisa membuat mata Anda rileks kembali dalam sekejap. Lakukan hal ini sebanyak 4 kali dan Anda bisa merasakan perbedaannya.

Gimana sudah mencoba? Bagaimana perbedaannya? Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *