Kulit Manggis Jangan Dibuang, Ini Dia Manfaat Yang Terkandung Di Dalamnya

By | Februari 15, 2016

Manggis adalah salah satu jenis buah yang terkenal dengan rasanya yang manis dan segar. Tidak heran jika buah yang satu ini mempunyai banyak penggemar. Selain enak, manggis juga ternyata menyimpan berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh, terutama terdapat pada kulitnya. Banyak dari Anda yang membuang begitu saja kulit manggis yang sudah dimakan habis isinya, padahal manfaat kulit manggis tersebut tidak terkira.

Manggis dengan nama latin Garcinia mangostana L. Adalah buah tropis dari Indonesia yang mempunyai banyak manfaat. Anda tentu pernah dengar, jika durian adalah raja buah. Lalu apa ratu buahnya? Jawabannya adalah manggis ini.

Biasanya Anda hanya memakan dagingnya dan kulitnya di buang begitu saja. Kulit manggis  memang kurang menarik, jadi wajar jika Anda langsung membuangnya.

Tapi, ketika Anda membaca artikel yang satu ini, pasti ada terbesit di hati Anda perasaan menyesal karena tidak memanfaatkan kulit manggis tersebut.

Kulit manggis sendiri terdiri dari berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Apa saja senyawa itu?

Senyawa dalam kulit buah manggis yang baik untuk kesehatan, salah satu senyawa yang ada dalam kulit buah manggis adalah xanthone. Xanthone adalah senyawa polifenol aktif yang sangat berperan penting sebagai antioksidan. Senyawa inilah yang sudah dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Senyawa xanthone sendiri, sangat jarang di temukan di alam bebas, dan hebatnya lagi dari 200 senyawa xanthone yang teridentifikasi, 40 diantaranya terdapat dalam kulit buah manggis. Hebat bukan?

Senyawa xanthone yang terdapat dalam kulit manggis sendiri, terkandung mangostin, mangostenol, mangostenol A, mangostenol B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfa mangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Selain senyawa xanthone, kulit manggis pun mengandung tanin, asam fenolat, dan antosiasin. Lalu sebenarnya, apa saja manfaatnya untuk kesehatan tubuh?

Manfaat Kulit Manggis Kulit Manggis Jangan Dibuang, Ini Dia Manfaat yang Terkandung di Dalamnya

Kulit Manggis Jangan Dibuang, Ini Dia Manfaat yang Terkandung di Dalamnya

Inilah manfaat manggis dan kulit manggis untuk kesehatan tubuh

Anti-kanker

Menurut penelitian yang sudah dilakukan, senyawa xanthone yang terdapat di dalam kulit manggis bersifat antiproliferasi dan apoptosis, yang berfungsi untuk memerangi pertumbuhan sekaligus memusnahkan sel kanker seperti kanker paru, kanker payudara, kanker hati, kanker usus, dan leukemia.

Mencegah Penyakit jantung dan hipertensi

Kulit manggis sangat kaya akan antioksidan. Kulit manggis juga mengandung mineral seperti mangan, tembaga, dan magnesium. Semua kandungan tersebut dipercaya dapat melancarkan pembuluh darah, mencegah pengerasan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu dalam mengontrol detak jantung serta tekanan darah.

Kesehatan pencernaan

Senyawa xanthone juga sangat membantu dalam menjaga fungsi pencernaan. Jika kulit manggis direbus, bisa digunakan untuk menyembuhkan diare karena kandungan dalam kulit manggis bisa sebagai anti bakteri.Me

Menghalau zat radikal bebas

Kulit manggis sangat terkenal mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi, tapi ada juga kandungan lain seperti ketekin yang bahkan lebih efektif dari vitamin C dan E untuk menangkal radikal bebas.

Mencegah infeksi

Hal ini karena xanthone pada kulit manggis dapat mencegah bakteri dan jamur, infeksi virus dan menjaga imun tubuh.

Menyembuhkan asma

Dari sekian banyak manfaat manggis, manggis juga bermanfaat sebagai antihistamin dan anti-inflamasi. Hal ini bisa mengatasi penyakit asma dan reaksi alergi.

Menjaga berat badan

Manggis mempunyai rasa yang manis dan segar, tapi bagi yang sedang dalam program diet, manggis ini tidak akan membuat tubuh Anda menjadi gemuk karena xanthone membantu dalam menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan menurunkan kolesterol jahat serta memperbaiki metabolisme tubuh.

Menjaga sistem syaraf

Sangat ampuh dalam menjaga sistem syaraf. Oleh karena itu, manggis bisa mencegah penyakit saraf seperti demensia dan alzhaimer.

Mencegah gangguan penglihatan

Kandungan dalam manggis ini bisa mencegah katarak dan glaukoma, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Mencegah penuaan

Maskudnya, di sini Anda akan terhindar dari penuaan dini karena manggis mengandung banyak antioksidan.

Bagaimana? Banyak sekali bukan manfaat manggis dan kulitnya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *