Kuliner Manado Ini Mempunyai Cita Rasa Cuamik Yang Sayang Untuk Dilewatkan

By | Februari 13, 2016

Kota yang terletak di Sulawesi Utara ini patut untuk dikunjungi karena menyimpan banyak pesona yang memikat hati. Tidak hanya terkenal dengan kekayaan alamnya saja, kearifan lokal masyarakat Manado pun cukup menjadi daya tarik tersendiri untuk para turis.

Saat berlibur ke Manado tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengunjungi tempat-tempat kuliner yang menyajikan makanan khas Manado yang terkenal mempunyai cita rasa ciamik.

resep ayam woku manado Kuliner Manado Ini Mempunyai Cita Rasa Cuamik yang Sayang untuk Dilewatkan

Kuliner Manado Ini Mempunyai Cita Rasa Cuamik yang Sayang untuk Dilewatkan

Inilah makanan khas Manado yang wajib Anda cicipi

Bubur Manado atau Titunuan

Kuliner yang satu ini wajib untuk Anda cicipi, terutama bagi Anda yang pertama kali berlibur ke Manado. Bubur Manado atau Titinuan berbeda dengan bubur ayam pada umumnya,  bubur ini bisa dibilang lebih sehat karena menggunakan bahan sayur-sayuran.

Bubur ini terdiri dari serutan jagung dan sayuran hijau dicampurkan dalam adonan bubur yang terbuat dari beras. Setelah matang, bubur biasanya disajikan dengan sambal dan ikan asin. Dijamin nikmat rasaya.

Nasi Jaha

Untuk kuliner yang satu ini sangat mudah ditemukan di Manado. Nasi Jaha ini terbuat dari campuran beras dan ketan. Cara memasaknya pun sangat unik, yaitu dengan cara dimasak menggunakan bambu yang dibakar. Nasi Jaha akan Anda temukan di setiap rumah makan yang ada di Manado. Gurih yang bercampur lezatnya nasi ketan ini wajib Ada cicipi.

Ayam Tuturuga

Ini bisa dibilang sejenis opor ayamnya khas Manado. Hidangan ini biasanya disajikan setiap hari, dan bukan pada hari-hari besar saja.  Cita rasanya jangan diragukan lagi, perpaduan antara legit, gurih dengan sedikit cita rasa pedas. Bedanya dengan opor ayam lain, Ayam Tuturuga ini diolah dengan tambahan daun kemangi, jeruk nipis dan daun pandan.

Ayam Woku-woku

Kuliner ini mempunyai cita rasa yang menggigit. Bagi Anda pecinta pedas, kuliner ini sangat cocok untuk Anda. Sekali Anda mencicipi makanan ini, dijamin ketagihan. Walaupun pedasnya itu super sekali, tapi tidak membuat niat Anda untuk nambah jadi turun.

Sambal Bakasang

Di Manado Anda akan menemukan berbagai jenis sambal pedas yang sangat menggugah lidah Anda. salah satu dari sambal tersebut adalah Sambal Bakasang ini. Sambal Bakasang ini sangat berbeda dengan sambal yang lainnya karena sambal ini terbuat dari campuran telur ikan yang pastinya membuat Anda penasaran untuk mencicipinya.

Nasi Kuning

Nasi kuning di Manado, tidak seperti Nasi Kuning pada umumnya karena di Manado, Nasi Kuning di bungkus dengan daun woka sehingga menyerupai seperti permen berukuran besar. Nasi Kuning khas Manado bisa dengan mudah ditemui di pasar atau pun kawasan pusat jajanan.

Ikan Cakalang Fufu

Mungkin diantara Anda sudah tidak asing dengan nama kuliner ini bukan? ya, Nama Ikan Kakalang Fufu memang tersohor sebagai hidangan khas Minahasa. Cara memasak ikan kakalang di Manado cukup unik yaitu dengan cara dibumbui, dijepit dengan kerangka yang terbuat dari bambu, setelah itu di asap.

Pasangan yang paling pas untuk ikan kakalang asap ini adalah sambal dabu-dabu. Sambal ini juga berbeda dengan sambal lainnya karena hanya diiris bukan diuleg. Perpaduan ini akan membuat Anda ketagihan.

Rica Rado

Kuliner ini termasuk kuliner yang sangat unik di Manado. Bagi Anda yang sangat suka dengan olahan sayur, kuliner ini bisa menjadi pilihan. Bahan utama untuk membuat kuliner ini adalah terong yang dicampur dengan irisan jagung manis yang terasa gurih dan renyah.

Lalampa

Lalampa bisa dibilang mirip dengan lemper yang ada di Jawa karena sama-sama terbuat dari beras ketan. Lalampa juga dibungkus dengan  daun. Yang membedakan antara lalampa dan lemper adalah isinya. Jika lemper di Jawa biasanya diisi dengan abon atau pun ayam, sedangkan lalampa ini diisi dengan daging ikan cakalang. Lalampa juga dimasak dengan cara dibakar.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba salah satu kuliner di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *