Kuliner Betawi yang Wajib Dicicipi Bagi Para Pelancong

By | Februari 14, 2016

Jakarta yang sekarang menjadi kota metropolitan ini, menyimpan berbagai kuliner tradisional Betawi yang menggoyang lidah. Kuliner-kuliner Betawi ini sangat sayang jika dilewatkan. Apasaja kuliner Betawi tersebut?

Kuliner Betawi yang Wajib Dicicipi Bagi Para Pelancong

Kuliner Betawi yang Wajib Dicicipi Bagi Para Pelancong

Inilah kuliner Betawi yang wajib dicicipi saat melancong ke Jakarta

Kerak telor

Berkunjung ke Jakarta dan tidak mencicipi kuliner yang satu ini? Rasanya pasti ada yang kurang. Kerak telor adalah salah satu makanan khas Betawi yang sangat populer dan bisa dibilang paling populer dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Kuliner ini sendiri terbuat dari beberapa bahan diantaranya beras ketan Putih, telur ayam atau telur bebek, ebi, parutan kelapa yang sudah disangrai hingga kering dan bahan-bahan lainnya. Untuk berburu kuliner yang satu ini di Jakarta bukanlah hal yang sulit. Karena, kerak telor tersebar di seluruh pelosok ibukota. Cara pembuatannya juga cukup unik dan menarik untuk dilihat.

Gado-gado Jakarta

Gado-gado memang sangat populer di Indoesia. Bisa di bilang gado-gado Jakarta adalah salah satunya. Namun jangan salah, gado-gado Jakarta ini punya ciri khas tersendiri karena terdiri dari  lontong yang telah dipotong-potong, rebusan daun bayam, tahu, tauge, dan telur ayam. Semua bahan tersebut disatukan dalam satu wadah lalu disiram dengan saus kacang lembut. Jangan lupa juga emping melinjo dan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Soto Betawi

Soto Betawi memang tidak jauh berbeda dengan Soto Madura atau pun Soto Sulung, karena sama-sama menggunakan jeroan sebagai bahan utamanya. Sesekali makan jeroan tidak apa-apa, apalagi yang menggugah selara seperti Soto Betawi. Salah satu penjual Soto Betawi yang cukup melegenda adalah Soto Betawi Haji Mamat yang terletak di bilangan BSD City. Jika Anda ke Jakarta, cobalah untuk mampir ke warung tersebut. Dijamin akan ketagihan.

Nasi Uduk

Nasi uduk sebenarnya tidak jauh beda dari nasi liwet yang ada di Solo. Nasi ini terbuat dari nasi putih yang diaron, lalu dikukus dengan menambahkan santan. Setelah itu, dibumbui dengan berbagai rempah seperti kayu manis, pala, jahe dan daun sereh. Tidak lupa juga ditambahkan merica agar lebih mantap. Pelengkap nasi uduk sendiri biasanya emping goreng, telur dadar atau telur goreng yang sebelumnya sudah di iris-iris, tahu goreng, tempe kering, abon, bawang goreng, timun, ayam goreng, dan sambal yang terbuat dari kacang. Penjual nasi uduk biasanya ada di pagi hari, karena nasi uduk sendiri dijadikan menu sarapan yang pas untuk warga Jakarta.

Asinan

Asinan adalah salah satu kuliner yang cukup populer selain kerak telor. Kuliner ini terdiri dari bermacam-macam sayuran dan buah-buahan. Asinan tidak jauh berbedan dari rujak. Hanya saja, bahan rujak disajikan saat masih segar, sedangkan untuk Asinan disajikan dalam keadaan asin atau diacar. Untuk menikmati asinan ini, Anda langsung saja datang warung Asinan BonBin Cikini. Tempat tersebut adalah salah satu yang populer dengan asinannya.

Ketoprak

Ketoprak adalah alah satu makanan tradisional Betawi yang sayang Anda lewatkan. Ketoprak ini juga sangat banyak penggemarnya, jadi Anda pasti sudah membayangkan betapa enaknya makanan yang satu ini. Ketoprak sendiri terdiri dari lontong yang sudah dipotong-potong, taburan tauge dan bihun. Lalu di campur dengan bumbu kacang di atasnya. Biasanya ketoprak di santap saat sarapan dan makan siang. Seperti kerak telor, penjual ketoprak pun tidak sulit untuk ditemukan.

Nasi Ulam

Beberapa dari Anda mungkin akan terasa asing dengan nama kuliner Betawi yang satu ini. Memang dibandingkan dengan Nasi Uduk, Nasi Ulam ini masih kalah pamor. Hal ini disebabkan, penjual Nasi ulam jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan Nasi Uduk. Nasi ini biasanya terbuat dari nasi pera yang disiram dengan semur kentang, semur telur atau pun semur tahu. Pelengkap Nasi Ulam sendiri seperti cumi-cumi asin goreng, telur dadar diiris-iris, bihun goreng, dan perkedel kentang. Nasi Ulam akan tambah nikmat jika disantap dengan daun kemangi, bawang goreng, sambal dan taburan kacang tanah yang telah ditumbuk.

Demikianlah kuliner khas Betawi yang sangat wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *