Kuliner Banjarnegara Ini Bisa Membuat Anda Betah Dan Malas Pulang Ke Kampung Halaman

By | Februari 15, 2016

Kuliner Indonesia memang sangat kaya dan membuat lidah tidak bisa berhenti penasaran untuk mencicipi berbagai kuliner tersebut. Kekayaan kuliner Indonesia terhampar luas dari abang sampai merauke dengan berbagai resep masakan yang telah turun temurun. Inilah alasan lain, mengapa Indonesia di kenal dengan kuliner uniknya yang tidak akan pernah habis.

Salah satu kota yang menyimpan kekayaan kuliner unik di Indonesia adalah Banjarnegara di provinsi Jawa Tengah. Resep kuliner di Banjarnegara sangat kaya akan variasi bumbu serta penyajiannya. Kuliner Banjarnegara tersedia dari pagi hingga petang. Untuk Anda yang masih bingung untuk menyantap makanan seperti apa di Banjarnegara, ini dia beberapa referensinya.

20141228 105517 resized 752705 Kuliner Banjarnegara Ini Bisa Membuat Anda Betah dan Malas Pulang ke Kampung Halaman

Kuliner Banjarnegara Ini Bisa Membuat Anda Betah dan Malas Pulang ke Kampung Halaman

Kuliner Banjarnegara yang wajib Anda cicipi

Combro Kalipalet

Setelah Anda sarapan, makanan ini bisa menjadi makanan penutup kegiatan sarapan Anda. Combro kalipalet berbahan dasar singkong yang dimasak sedemikian rupa dan mempunyai citarasa yang sangat enak. Lebih enak jika dimakan dengan cabai rawit dan es teh manis.

Soto Krandengan

Soto krandengan pilihan yang pas untuk sarapan Anda. Soto krandengan terdiri dari kuah kental santan, ketupat, irisan tauge dan potongan daging sapi yang empuk akan menggoyang lidah Anda. Untuk mencicipi kuliner ini pun tidak sulit, Anda hanya tinggal datang ke alun-alun Banjarnegera.

Es Dawet Ayu

Menemukan es dawet ayu sangat mudah karena banyak pedagang yang berjualan es dawet ayu diberbagai tempat di Banjarnegara. Untuk menikmati satu porsi es dawet ayu, Anda tidak perlu merogok kocek terlalu dalam, karena hanya Rp. 3.500

Buntil Banjarnegara

Makanan ini terbuat dari singkong dengan kuah santannya yang menggugah selera. Citarasa makanan ini gurih dan pedas. Makanan ini biasanya dicampur dengan petai, ikan teri atau juhi. Lebih nikmatnya jika disajikan dengan nasi hangat dan es teh.

Bakso ketupat

Bakso ketupat Banjarnegara ini tidak perlu diragukan lagi citarasanya. Yang paling terkenal, terletak di belakang Polres Banjarngera. Warung bakso yang satu ini sangat diminati warga Banjarnegara, sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Harganya pun sangat terjangkau, tidak sampai Rp 10.000.

Campuran ketupatnya pun cukup banyak, sehingga pas untuk mengganjal perut agar tidak kelaparan saat melakukan perjalanan untuk mengunjungi wisata yang lain.

Mie Ongklok Banjarnegara

Mie ini tidak sama dengan mie pada umumnya, terutama dari cara pembuatannya yaitu dengan cara dikocok dengan bumbu-bumbu khas yang membuat harga mie ini lebih mahal dari pada mie yang lainnya. Campurannya pun sangat beragam seperti daging sapi, ayam, ebi, sawi, kol yang mampu meciptakan perpaduan rasa yang sempurna. Mencicipi kuliner ini tidak akan lengkap jika tidak dibarengi dengan sate ayam berkuah kacang yang kental.

Anda bisa meneukan mie ongklok yang enak langsung datang saja ke Semampir, Kec. Banjarnegara, namanya warung mie ongklok Pak Tugi yang memang sudah terkenal dan harganya cukup terjangkau.

Mendoan Banjarnegara

Mendoan yang terbuat dari tempe dengan balutan tepung yang sudah diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan mendoan yang sangat menggugah selera. Mendoan biasanya di cocol dengan sambal kecap yang super pedas. Mencari makanan yang satu ini tidaklah sulit. Anda bisa menemukannya di pedagang-pedagang kaki lima di sepanjang Banjarnegara. Lebih nikmat disantap saat hangat.

Itulah beberapa kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Banjarnegara. Sempatkanlah waktu untuk mencicipi kuliner khas tersebut agar liburan Anda lebih berwarna dan berkesan. Semoga informasi ini dapat menginspirasi dan bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *