Kuliner Bali yang Sangat Sayang Dilewatkan Ketika Berkunjung ke Bali

By | Februari 10, 2016

Bali seperti mempunyai daya tarik yang tidak ada matinya untuk warga di kota-kota besar mengunjungi pulau seribu pura tersebut. pada saat musim liburan, sudah bisa dipastikan Bali kebanjiran turis, baik itu tulis lokal maupun turis mancanegara. Hal ini karena Bali menawarkan keindahan alam yang sangat menakjubkan dengan keindahan pantainya yang sudah tersohor di mancanegara. Tetapi, Anda juga jangan lupa satu hal ini saat mengunjungi Bali. Apa itu? Hal yang tidak boleh Anda lupakan saat berkunjung ke Bali adalah mencicipi kulinernya yang membuat Anda ketagihan. Kuliner Bali memang sangat banyak. Untuk itu, ditanya.com kali ini akan meringkas kuliner apa saja yang wajib di cicipi jika berkunjung ke Bali.

Kuliner Bali yang Sangat Sayang Dilewatkan Ketika Berkunjung ke Bali

Kuliner Bali yang Sangat Sayang Dilewatkan Ketika Berkunjung ke Bali

Kuliner yang wajib Anda cicipi ketika di Bali

Nasi Jinggo

Nasi jinggo adalah salah satu kuliner khas Bali yang disajikan dengan cara dibungkus daun pisang setelah itu ditambahkan beberapa lauk pauk dan sambal yang menambah nikmat kuliner yang satu ini. Lauk pauk untuk nasi jinggo ini biasanya sambal goreng tempe, ayam sumir pedas dan serundeng. Nama masakan ini berasa dari bahasa Hokkien jeng go yang berarti seribu lima ratus. Sesuai namanya, harga nasi ini tidaklah mahal, bahkan bisa dibilang sangat murah. Ada juga nasi khas Bali lainnya selain nasi jinggo seperti nasi pedas dan nasi campur.

Bebek betutu

Kuliner Bali yang satu ini sudah sangat terkenal sampai kemancanegara. Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak langsung mencicipi bebek betutu dari Bali langsung. Olahan bebek ini memiliki rasa yang berbeda dari olahan bebek lainnya. Bumbu yang digunakan pun bisa sampai meresap ke tulang. Tidak heran jika olahan bebek ini bisa menjadi favorit dan menjadi incaran semua orang yang berkunjung ke Bali. Rahasia dari kelezatan bebek betutu adalah dari cara memasaknya yang bisa dibilang sangat unik. Pertama daging bebek yang telah dibumbui harus dipijat-pijat terlebih dahulu, setelah itu baru di bungkus dengan menggunakan daun pisang lalu dipanggang dalam api sehingga rasa bebek sangat enak! Pada jaman dahulu konon makanan ini kesukaan para raja.

Sate Lilit

Sate ini bisa dibilang sangat unik karena sate ini terbuat dari ikan yang dihaluskan lalu ditambahkan tepung serta bumbu khas Bali. Caranya dengan melilitkan daging ikan pada batang serai. Rasanya juga sangat khas dan perpaduan antara pedas, wangi, manis dan gurih. Terlebih lagi, ada aroma dari batang serai yang membuat sate ini semakin nikmat. Sate ini pun sangat sehat karena rendah lemak.

Lawar

Lawar adalah masakan khas Bali yang lainnya. Lawar campuran dari sayur-sayuran yang sudah direbus, kelapa yang telah dipanggang dan daging cincang yang sudah dibumbui. Daging yang digunakan untuk membuat lawar yaitu daging sapi, babi, ayam, itik, dan penyu. Untuk sayurannya adalah pepaya muda, daun jarak, buah nangka muda, dan kacang-kacangan. Lawar juga ada berbagai macam jenisnya, salah satunya dan yang paling populer adalah lawar merah yang menggunakan campuran darah dari daging yang digunakan.

Babi Guling

Setiap orang yang sudah bersandang ke Bali pasti tahu kuliner yang satu ini. Tadinya babi guling hanya disajikan untuk sajian upacara adat atau keagamaan di Bali, tapi kini bisa dinikmati oleh semua orang dan dapat di temukan dengan mudah di berbagai rumah makan, warung dan hotel-hotel di Bali. Babi guling biasanya terbuat dari daging anak babi yang di panggang dengan cara di guling-gulingkan sampai matang.

itulah referensi kuliner Bali yang wajib di cicipi. Semoga menjadi inspirasi untuk Anda.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *