Resep, Cara Dan Tips Membuat Kembang Goyang Agar Tidak Gagal

By | Februari 2, 2016

Cara membuat kue kembang goyang yang baik.

Budaya kuliner Indonesia sangatlah beragam dan salah satu nya adalah kue Kembang Goyang , dan kami akan membeikan informasi cara membuat kue kembang goyang yang baik . Hal ini membuat kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga diri dan ikut melestarikan budaya tersebut. Setiap daerah di Indonesia mempunyai budaya khasnya masing-masing. Hal ini membuat setiap daerah sangat diidentikan dengan sesuatu yang hanya ada di daerah tersebut. Salah satu dari sekian banyak khas daerah yang mungkin bisa disebutkan adalah makanan khas. Seperti layaknya budaya, setiap daerah memiliki makanan khasnya tersendiri sehingga jika kita singgah di suatu daerah, jangan lupa untuk  mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Salah satu makanan yang sudah sangat tersohor di Indonesia adalah kue kembang goyang yang berasal dari betawi. Makanan ini biasanya di sajikan ketika hari-hari besar. Nama kembang goyang sendiri diambil dari bentuk kue ini yang memang mirip dengan kembang (bunga) dan proses pembuatannya yang digoyang-goyang agar adonan bisa lepas dari cetakan.

Bahan yang digunakan untuk membuat kue kembang goyang ini tidak terlalu sulit  untuk didapatkan. Itulah alasan lain kue ini masih digemari sampai sekarang dan selalu menjadi pilihan cemilan di hari-hari besar. Proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit dan hanya butuh beberapa tips dijamin Anda tidak akan gagal saat membuat kue yang satu ini.

Bagi Anda yang belum mengetahui resep kembang goyang, mungkin sedikit kebingungan untuk mencari resep yang benar-benar akan membuat kue kembang goyang Anda tidak gagal karena di internet sangat banyak yang membuat informasi mengenai resep kembang goyang ini.

Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda memakai resep yang kami berikan dipastikan Anda tidak akan gagal dalam membuat kue kembang goyang.

hqdefault Resep, Cara dan Tips Membuat Kembang Goyang Agar Tidak Gagal

Resep, Cara dan Tips Membuat Kembang Goyang Agar Tidak Gagal

Resep dan cara membuat kemang goyang.

Bahan

  • 250 gr tepung beras
  • 350 ml santan
  • 2 butir telur
  • 4 sdm gula pasir
  • ½ sdt garam halus
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. tepung berat, gula pasir dan garam campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga rata.
  2. setelah rata, tuangkan telur dan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk agar adonan tidak menggumpal sehingga dapat tercampur dengan rata. Jika Anda suka, Anda bisa menambahkan wijen untuk pemanis tampilan kembang goyang Anda.
  3. Lalu setelah tercampung adonan disaring.
  4. Siapkan citakan kembang goyang dan panaskan. Setelah panas, masukkan citakan tersebut ke dalam adonan dan goreng sambil cetakan digoyang-goyang sampai adonan terlepas.
  5. tunggu adonan hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan.
  6. Setelah itu, pastikan kue kembang goyang disimpan di toples kedap udara.

Tips sukses membuat kembang goyang

  • Apabila adonan kembang goyang Anda lengket di cetakan. Itu artinya adonan yang Anda buat terlalu cair/kurang tepung. Penyebab lainnya adalah cetakan belum terlalu panas ketika dicelupkan ke dalam adonan atau minyak untuk menggoreng adonan belum panas. Jadi pastikan semua sesuai terlebih dahulu sebelum mencetak kembang goyang agar tidak lengket.
  • Apabila masih lengket, Anda bisa ambil sabut kelapa lalu usapkan pada cetakan kembang goyang. Cobalah dijamin tidak lengket lagi.
  • Kue kembang goyang yang Anda buat kurang renyah. Hal itu bisa disebabkan oleh tepung yang sudah lama.
  • Api kompor usahakan jangan terlalu besar atau pun terlalu kecil. Hal tersebut akan menyebabkan kue cepat gosong. Selain itu, kue gosong pun bisa disebabkan Anda terlalu banyak menambahkan gula.
  • Warna kue kembang goyang Anda pucat? Anda masih kurang menambahkan gula atau pun waktu menggoreng Anda masih kurang lama.
  • Kue terlalu berminyak. Hal ini bisa diakibatkan karena minyak yang untuk menggoreng masih kurang panas atau pun sangat Anda meniriskan kue dengan cara ditumpuk.
  • Cetakan harus dimasukan ke dalam minyak panas terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam adonan agar adonan dapat menempel  dengan baik di cetakan.
  • Agar warna kembang goyang lebih menarik dan kuning merata. Anda perlu menggorang kembang goyang dengan minyak yang banyak.

Semoga tips diatas dapat membantu Anda agar hasil karya kue kembang goyang yang Anda buat sesuai dengan harapan. Selamat mencoba!

Populer

2 thoughts on “Resep, Cara Dan Tips Membuat Kembang Goyang Agar Tidak Gagal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *