Lakukanlah Hal Ini Agar Keamanan Hp Android Anda Terjamin Dari Virus

By | Februari 14, 2016

Virus adalah hal yang paling ditakuti oleh pengguna gadget, karena bisa membuat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti, kehilangan data, Android eror, bahkan tidak bisa digunakan lagi. Tapi, masih banyak diantara pengguna yang kurang mengerti dengan keamanan dan bagaimana cara mengantisipasi serangan virus yang mungkin saja terjadi. Terutama, bagi pengguna yang baru saja membeli Hp Android.

Untuk itu, para pengguna harus tahu mengenai hal ini, jangan hanya mahir dalam menjalankan semua fiturnya saja. Anda juga harus tahu bagaimana caranya untuk mengamankan perangkat Anda dari virus yang bisa merusak perangkat kesayangan Anda tersebut.

Disini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjamin keamanan Hp Android Anda dari malware. Inilah beberapa tips tersebut.

Lakukanlah Hal Ini Agar Keamanan Hp Android Anda Terjamin Dari Virus

Lakukanlah Hal Ini Agar Keamanan Hp Android Anda Terjamin Dari Virus

Tips agar Android tidak terkena virus

Menggunakan aplikasi Develover tepercaya

Sebenarnya banyak pasar aplikasi alternatif selain Google Play yang ditawarkan untuk pengguna Android. Namun, banyak alternatif tersebut sangat rawan menjadi sarang malware yang siap menjangkit perangkat Anda. Untuk itu, jangan sembarangan memilih pasar aplikasi. Pilihlah yang sudah terjamin seperti Google Play, Amazon atau Samsung Apps. Walaupun mempunyai harga yang lebih mahal dari pasar aplikasi yang lainnya, tetapi keamanan di pasar aplikasi tersebut lebih terjamin dan secara tidak langsung membuat Hp Android Anda menjadi terjaga keamanannya.

Menghindari aplikasi yang mencurigakan

Kadang pasar aplikasi tepercaya pun tidak sepenuhnya aman. Seperti beberapa waktu lalu, banyak beredar aplikasi BBM palsu di Google Play. Dengan kata lain, pasar aplikasi tepercaya pun bisa teledor dan kebobolan aplikasi berbahaya tersebut. Untuk itu, Anda harus menjadi pengguna yang cerdas. Perhatikan setiap aplikasi yang ingin Anda pasang. Sebelum itu, baca dulu review yang ada di internet sebelum memasangnya. Jika isi review tersebut kebanyakan jeleknya, sungguh bijaksana apabila Anda tidak memasang aplikasi tersebut untuk perangkat Anda.

Pengaturan pengamanan perangkat

Sasaran empuk bagi malware adalah Android dari versi 2.2 ke atas. Oleh karena itu, Google sendiri telah mencoba menyiasatinya dengan fitur keamanan yang sudah terletak di setiap android. Coba sekarang Anda buka setting > security dan kemudian klik centang Verify Apps. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan selalu diingatkan oleh Android saat akan memasang sebut aplikasi. Hal ini membuat Anda lebih waspada lagi saat memasang sebuah aplikasi di perangkat Anda.

Melakukan Update Android

Sekarang sudah banyak produsen smartphone yang sangat peduli dengan layanan purna jual pada penggunanya. Salah satunya ditunjukkan dengan memberikan update software terbaru dalam setiap perangkat yang mereka jual. Sebaiknya Anda melakukan update sesuai  dengan arahan yang dikeluarkan oleh produsen. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengklik setting > About Home > System Upadates.

Menggunakan Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus sebenarnya sangat penting untuk perangkat Anda, tetapi memang sedikit memakan tempat. Hal tersebut sebenarnya tidak usah dipedulikan karena dengan adanya antivirus keamanan perangkat Anda pun lebih terjamin. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyisihkan sedikit tempat di memori internal untuk aplikasi ini. Sekarang ini, banyak sekali aplikasi antivirus yang tersedia untuk Android.  Pilihlah salah satu yang Anda suka di pasar aplikasi tepercaya seperti Google Apps. Keamanan Hp Anda pun semakin terjamin dengan adanya aplikasi antivirus tersebut.

Itulah beberapa tips agar Hp Android tidak terkena virus. Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *