Tips Menghasilkan Foto Malam Yang Bagus Dengan Xperia Z3

By | Januari 27, 2016

Keindahan malam hari di kota seperti menjadi pemandangan cantik tersendiri yang bisa dinikmati dari sudut tertentu. Terangnya lampu yang menghiasi kota dan gedung, menjadi sebuah seni yang bisa ditangkap oleh kamera. Dalam menghasilkan gambar yang cantik dari pesona kota malam hari, tidak harus menggunakan kamera profesional. Semakin canggih teknologi yang disematkan pada smartphone camera, memudahkan penggunanya mengabadikan pemandangan elok walau pencahayaan redup.

Tutorial berikut mengulas cara edit foto dalam cahaya redup, sehingga menghasilkan gambar yang tidak kalah wow dengan penggunaan kamera profesional. Kali ini, smarphone jebolan Sony, Xperia Z3 akan memberikan pengalaman baru dalam fotografi smartphone.

Cara Edit Foto Dengan Pencahayaan Redup

kegunaan lain kamera smartphone 00 Tips Menghasilkan Foto Malam Yang Bagus dengan Xperia Z3

Dikenal dengan resolusi kamera sebesar 20,7 MP, dengan sensor besar Exmor RSTM dan ISO 12800, Xperia Z3 mampu menyajikan hasil jepret fantastis dengan bidikan yang tajam, walau dalam pencahayaan yang kurang. Selain itu sudut lensa yang lebar, 25 mm, cocok untuk memotret pemandangan. Sebelum membahas cara edit foto dengan Xperia Z3 di cahaya redup, beberapa tips berikut ini perlu diperhatikan dalam mengambil foto dengan cahaya redup :

Sudut pengambilan gambar yang baik, seperti memperhatikan proporsi, perspektif dan tingkat kestabilan kamera. Hal ini penting agar kualitas baik gambar dalam cahaya redup menampilkan seni yang impresif. Pemandangan kota di malam hari tentu semakin indah jika dipotret dengan prespektif yang pas. Gunakan modus ‘Pemandangan Malam’ atau ‘Night Mode’ saat pengambilan gambar. Modus ini kerap digunakan agar hasil potret tetap jelas meski minim cahaya.

Tetap jaga kestabilan ponsel, bisa menggunakan tripod. Setel ISO setinggi mungkin, pengaruhnya terhadap tingkat pencahayaan pada hasil potret. Kemudian batasi pemakaian flash atau kilat. Atur setelan kilat menjadi mode off.

Punch

Keberadaan efek selalu menjadi senjata utama untuk membuat hasil gambar lebih ekspresif dan berkesan. Setelah mengambil gambar dengan kamera resolusi tinggia Xperia Z3, buka Photo Editor 4.0. Kemudian muncul tampilan utama efek yang bisa dipilih. Gunakan efek punch. Efek ini penampilkan warna sumber cahaya yang tertangkap kamera menjadi lebih terang, dan menaikkan kontras pada objek sekitar sumber cahaya.

Atur Pencahayaan

Gunakan opsi pengaturan cahaya, dan sesuaikan dengan tingkat ketajaman objek. Jika tingkat pencahayaan terlalu tinggi maka detail objek akan terganggu dengan keberadaan sumber cahaya di sekitarnya. Jika terlalu rendah, tentu kesan gelap akan merusak keindahan objek.

Tingkat Cemerlang

Pada opsi Cemerlang atau Vibrancy, pengaturan tingkat warna pada objek menjadikan objek terlihat lebih menonjol. Tingkat cemerlang ini mempengaruhi proporsi warna sehingga gambar yang dihasilkan bisa mendekati suram, atau menarik.

Sharpness

Jika Anda memotret pemandangan kota malam dari sudut yang jauh, kamera Xperia Z3 sudah menyajikan bidikan tajam agar detail objek terlihat sempurna. Namun Anda bisa menambahkan tingkat detail objek dengan opsi Sharpness atau Ketajaman. Tingkat sharpness yang terlalu tinggi justru membuat kesan patah, namun bisa menghasilkan seni fotografi yang berbeda dengan yang lain.

Contrast

Penggunaan kontras menimbulkan kesan perbedaan sisi gelap dan terang secara jelas. Kesan misterius akan terlihat lebih natural dengan mengatur kontras sedikit lebih tinggi.  Objek dengan sumber cahaya yang cukup menjadi lebih menonjol daripada objek sekitar yang lebih gelap. Selain itu untuk menambahkan kesan gelap pada tepian gambar, atur dengan tingkat vignette.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *