Kacang Almond Dan Olahannya Di Dunia Kuliner

By | Januari 28, 2016

Penggunaan kacang almond dalam dunia kuliner dikenal cukup luas, bahkan seluruh penjuru dunia memakai bahan alami bergizi ini. Manfaatnya di dunia kesehatan tidak perlu diragukan : kaya akan protein, riboflavin, vitamin B5 (asam pantotenat), niasin (vitamin B3), asam folat (vitamin B9), vitamin C dan mineral seperti kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan besi.

Beberapa kalangan memanggang almond dan menjadikannya camilan sehat pengganti junk food, atau dengan mencampurkannya dengan berbagai macam makanan (dishes). Makanan yang mengandung taburan almond diantaranya nougat, roti atau pastries, cookies atau kue kering, macarons, dan kue. Salah satu makan favorit dunia yang terbuat dari kacang almond adalah Ricciarelli, sejenis biskuit tradisional dari Italia.

Artikel berikut akan mengulas penggunaan kacang almond di bidang kuliner sesuai dengan bentukannya. Simak ulasan berikut ini dan semoga bermanfaat!

Kacang Almond

Manfaat-Kacang-Almond

Blachend atau Whole-Natural Almond

Whole-natural adalah sebutan untuk kacang almond utuh. Sementara blanched artinya kupas. Kacang almond utuh yang dikupas biasanya dimakan secara langsung sebagai tambahan menu diet sehat. Dengan cara dipanggang, bukan digoreng. Kacang Almond panggang ini bisa dimakan utuh maupun dikupas. Selain itu digunakan dalam pembuatan chocolate bar, choco drink with almond, choco powder, dan confectionery atau produk manis lainnya.

Sliced or Flakes

Sliced artinya irisan tipis. Kacang almond iris biasanya digunakan sebagai taburan garnis kue dan roti, hiasan pada dessert (berfungsi sebagai pemanis tampilan hidangan penutup), bahan pembuatan sereal, topping salad, atau dipanggang dan jadi camilan.

Chopped

Almond chopped atau almond cacah umumnya digunakan untuk topping berbagai jenis roti, seperti cookies, salad, bakery dan dairy product, isian dessert, topping pada es krim (baik cone atau bar) dan garnis bagi dishes berat seperti makanan olahan laut, atau daging steak.

Flour atau Bubuk

Kacang almond yang diolah menjadi bubuk atau meal digunakan beberapa chef untuk memasak kue dan pengental saus masakan. Kue yang terbuat dari almond flour diantaranya Amaretti di Saronno, sejenis makaron berukuran besar dari Saronno, Itali. Amaretti secara tradisional dibuat dari kacang almond tumbuk halus, gula, putih telur dan amaretto (sejenis bahan masakan cair dari apricot atau almond, atau keduanya). Biskuit dari Itali yang berbahan dasar tepung almond adalah Ricciarelli.  Selain almond, makanan khas Sienna, Italia ini juga terbuat dari putih telur, gula, dan madu.

Susu Almond

Layaknya saripati kedelai yang disebut susu kedelai, almond pun demikian. Saripati kacang almond yang bertekstur dan warna mirip dengan susu, mengandung kalori yang lebih rendah daripada susu sapi. Maka saripati almond juga cocok bagi balita yang didiagnosa alergi protein susu sapi atau lactose intolerance. Namun kandungan kalsium pada susu almond tidak setinggi kalsium pada susu sapi. Perbandingannya kalsium 100 butir kacang almond setara kalsium 1 gelas susu (200 ml) . Penggunaan susu almond biasanya bersama sereal, campuran smoothies, dan kopi.

Almond Paste atau Almond Butter

Banyak produk yang mencampurkan almond paste kedalam selai atau mentega. Seperti salah satu produk selai coklat, didalamnya juga terkandung pasta almond. Rasa manis pasta coklat yang ditambah dengan almond menjadi lebih gurih. Almond butter atau mentega almond mengandung lemak jenuh yang jauh lebih sedikit dari peanut butter.

Minyak Almond

Penggemar salad tentu sangat menikmati almond, baik sliced almond maupun almond oil.  Selain itu melumuri minyak almond di atas masakan steak dapat mengurangi resiko kolesterol tinggi. Karena mengandung antioksidan, vitamin dan protein yang tinggi, minyak almond juga digunakan dalam bahan baku pembuatan kosmetik. Selain enak, menyehatkan tubuh, juga mampu memberi kelembaban bagi kulit.

Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *