Destinasi Aneka Wisata Kuliner Solo

By | Januari 28, 2016

Wisatawa kuliner atau penyuka makan enak, pasti tidak melewatkan salah satu kota budaya satu ini. Solo! Berbagai makanan dan minuman bisa dijumpai di Solo, dengan rasa khas, mulai dari kuliner tradisional jaman nenek moyang, sampai yang paling modern. Patokan harganya pun relatif terjangkau, menjadikan wisatawan kuliner semakin betah nongkrong atau duduk sambil menikmati keramaian dan panorama kota Solo

Dimana saja destinasi makan enak di Solo? Berikut ulasannya!

Destinasi Makan Enak Di Solo

Warung Nasi Liwet Wongso Lemu Keprabon

Warung-Nasi-Liwet-Wongso-Lemu-Keprabon

Penjual nasi liwet bisa ditemukan dimana saja, di semua sudut kota Solo. Ada yang buka mulai pagi subuh sampai jam 8 pagi, ada yang buka sehabis maghrib. Warung nasi liwet Wongso Lemu Keprabon ini salah satunya. Bukan jam 18.00, warung ini tidak pernah sepi pengunjung. Nasi liwet terbuat dari tanakan beras dengan kaldu ayam, santan, dan pandan. Dicampur dengan sambal goreng labu siam yang menurut penulis, tidak pedas sama sekali. Mantap disajikan dengan suwiran daging ayam, kumut atau santan yang dikentalkan, telur rebus, diatas daun pisang yang dipincuk (alas makan bukan piring, tapi daun pisang).

Penjual nasi liwet yang enak lainnya ada di sekitar bundaran Monumen Pers. Bukan dari pagi subuh sampai jualan habis. Daging ayam suwirannya banyak. Jika ingin menambah sayur, tidak dipatok harga tambah. Lumayan..

Timlo Sastro Timur Pasar Gede

timlosolo

Lanjut ke destinasi makan enak selanjutnya. Timlo Sastro. Sosis ayam yang dipotong, telur pindang gurih, irisan hati dan ampela ayam, disiram dengn kuah panas bertabur bawang goreng. Timlo Solo memang maknyus! Mantap sedap! Buka dari jam 7 pagi, Timlo Solo cocok sebagai menu sarapan sehari-hari.

Waroeng Tempoe Doeloe, Pasar Mbeling

wedangan

Kurang mantap kalau belum makan enak di Waroeng Tempoe Doeloe, jalan Dr. Soepomo 55 Solo. Menyajikan kuliner khas Solo, Pecel Ndeso. Kuliner ini berisi nasi beras merah engan sayuran seperti daun kenikir, petai cina, bunga turi, taoge, kacang panjang, jantung pisang dan ketimun yang disiram saus pecel pedes. Sajian ini dilengkapi dengan otak, iso babat goreng, belut dan wader pari goreng, sosis solo, bongko dan gembrot.

Soto Gading

img00230-20100718-1222

Tidak kalah dengan kuliner khas kota lain, Soto Gading menyajikan soto dengan kuah kaldu enak dan gurih, dengan pelengkap seperti mendoan, sate kerang, tahu goreng, telur coklat, dan masih banyak lagi. Warung Soto Gading di jalan Brigdjen Soediarjo ini tidak pernah sepi pengunjung. Walau buka jam 9 pagi, beberapa tamu sudah menunggu di depan warung sebelum jam buka.

RM Kusumasari Solo

food-selections-at-rm

Lanjut makan enak selat segar di perempatan Nonongan, Solo. RM Kusumasari awalnya terdiri dari 3 tempat, lesehan yang ada di pinggir jalan, rumah makan duduk di perempatan Nonongan yang bersebelahan dengan restoran es krim Kusumasari. Namun sepertinya bagian yang lesehan sudah ditutup. Jadi menikmati selat segar Solo di restoran saja.

Racikan selat segar Solo adalah perpaduan masakan barat dengan selera lidah orang lokal. Masakan ini bisa dikatakan adaptasi dari salad khas orang barat, dengan tambahan kuah kecap. Isinya irisan daging tipis, wortel, kentang, buncis, selada air, tomat dan mayonaise. Rasanya gurih dan tentu saja segar.

Warung Gudeg Ceker Bu Kasno

Bagi Anda yang tengah malam belum bisa tidur, dan ingin makan enak, kunjungi warung gudeg ceker Bu Kasno di jalan Wolter Monginsidi Margoyudan, Solo. Sudah buka jam 00.00, sajian gudeg dengan ceker bumbu santan yang lunak dan lezat. Ditambah dengan sambel goreng krecek, rasa gudeg ceker ini sungguh sedap, menggiurkan dan makyus.

Masih banyak destinasi makan enak di Solo lainnya. Jangan lupa mampir ke toko roti Orion untuk membawa oleh-oleh roti mandarin khas Solo. Makan enak? Kota Solo tempatnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *