5 Cara Mudah Agar Suara Menjadi Bagus

By | Januari 19, 2016

Cara berkomunikasi orang pada umumnya adalah dengan berbicara. Dengan berbicara, maksud dan tujuan seseorang lebih mudah tersampaikan. Suara adalah faktor utama dalam berbicara. Tinggi dan rendahnya nada suara juga menentukan arti dari pembicaraan. Suara dihasilkan melalui pita suara dan tenggorokan yang bergetar. Jika pita suara mengalami gangguan seperti terserang penyakit atau infeksi, maka suara yang keluar menjadi parau. Orang lain akan sulit mengerti suatu ucapan dengan suara yang tidak jelas. Komunikasi pun terganggu.

Suara yang bagus juga mendukung seseorang dalam bernyanyi. Nyanyian merdu selalu menjadi favorit semua orang. Karir seorang penyanyi bisa melejit berkat keindahan suaranya, dan merosot jika suaranya bermasalah. Bagiamana cara suara menjadi bagus? Simak ulasannya berikut ini!

unduhan

5 Cara Mudah Agar Suara Menjadi Bagus

1.  Konsumsi Air Putih dan Vitamin C

Jika kesehatan tenggorokan dan pita suara menjadi hal utama suara yang bagus, maka air putih dan vitamin C dapat membantu. Vitamin C dapat menutrisi tubuh dan menjadi antibodi dari segala macam penyakit seperti sariawan dan radang pada tenggorokan. Meminum minuman panas atau dingin, soda atau berkarbonasi, serta alkohol menyebabkan tenggorokan menjadi luka. Jika luka ini terus dibiarkan, maka tengorokan mengalami infeksi dan kualitas suara yang keluar menjadi buruk. Konsumsi air putih dan vitamin C secara teratur maka suara yang dikeluarkan berkualitas bagus.

2.  Hindari Merokok

Dampak merokok selalu tidak baik. Asap yang dihirup bisa membuat tenggorokan gatal serta terinfeksi. Suara yang dihasilkan pun parau. Jika hal ini terus berlanjut dalam jangka waktu yang panjang, resikonya adalah kanker tenggorokan. Kanker ini tidak hanya menyebabkan seseorang kehilangan suara, bahkan nyawa. Menghindari merokok bagi sebagian orang memang sulit, namun dengan mengoleskan jeruk nipis pada bibir bisa membantu seseorang terhindar dari aktifitas merokok.

3.  Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang direbus dan dikukus lebih baik daripada digoreng. Gorengan mengandung minyak, yang sering kali penggunaannya berulang kali, yang dapat membuat kuman atau bakteri jahat berkembang biak di tenggorokan. Gorengan juga menjadi penyebab tenggorokan terserang penyakit seperti radang dan batuk. Suara bahkan tidak bisa keluar dengan baik. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, maka kesehatan tenggorokan dan pita suara terjaga. Suara yang keluar pun  bagus.

4.  Kunyah Jahe Dan Kunir

Orang jaman dahulu mempercayai khasiat Jahe dan Kunir dalam memperbaiki suara parau. Mereka mengunyah jahe dan kunir yang telah dikupas atau menyeduhknya dengan air hangat dan diminum setiap hari. Dua jenis rempah ini adalah rahasia orang jaman dulu memiliki suara lantang dan bagus. Sebelum tampil, pesinden dan penyair terbiasa mengunyahnya agar suara yang dihasilkan bagus selama acara berlangsung. Jahe dapat menghangatkan tubuh, sehingga tenggorokan akan menjadi lebih longgar dan kunir dapat memberikan rasa lega serta membunuh kuman dan bakteri.

5.  Jaga Kebersihan Mulut

Tempat berkembang biak bakteri dan kuman terbaik adalah di rongga mulut. Rongga mulut adalah tempat pertama makanan dan minuman masuk, dan makanan yang dikonsumsi belum tentu higienis. Jika kesehatan dan kebersihannya tidak terjaga dengan baik, maka kuman dan bakteri ini menjadi penyebab utama tenggorokan mengalami infeksi dan mendatangkan penyakit yang bisa mempengaruhi kualitas suara. Rajin menyikat gigi, membersihkan lidah, dan berkumur menggunakan mouthwash bisa membantu membersihkan rongga mulut.

5 cara suara menjadi bagus diatas bisa dipraktekkan dengan mudah. Tentu suara yang bagus membuat kegiatan menjadi lebih mudah karena komunikasi dengan orang lain menjadi lebih lancar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *